02/02/2023 Komitmen Pemkab Pamekasan Dorong Kesejahteraan Petani Tembakau | Jatim TIMES

Komitmen Pemkab Pamekasan Dorong Kesejahteraan Petani Tembakau

Jun 24, 2022 19:43
Bupati Pamekasan bersama instansi terkait saat melaksanakan tanam raya tembakau (Foto:Ist/JTN)
Bupati Pamekasan bersama instansi terkait saat melaksanakan tanam raya tembakau (Foto:Ist/JTN)

Pewarta: Khairul Rozi | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur terus berkomitmen untuk mendorong kesejahteraan petani tembakau di wilayahnya, Jumat (24/6/2022).

Bupati Pamekasan Baddrut Tamam mengungkapkan, komitmen mendorong kesejahteraan petani harus dibangun bersama. Tidak cukup hanya pemerintah kabupaten (pemkab), melainkan petani dan pabrikan. Mengingat tataniaga tembakau ini melibatkan beberapa unsur.

Baca Juga : Jadi Profesor Kehormatan UB, Menteri LHK Bicara Indonesia’s FOLU Net Sink 2030

"Kami memiliki rencana banyak untuk mendorong kesejahteraan. Semangatnya tripartit, pemerintahan, petani dan pabrikan. Kalau tripartit ini terus bisa berjalan, semangatnya kesejahteraan dan persaudaraan. Insyaallah kita akan semakin baik dalam tiga hal," ungkapnya.

Tiga hal yang dimaksud Baddrut Tamam yakni meliputi penanaman, manajemen, dan harga tembakau. Jika tiga tersebut terlaksana dengan baik, maka dipastikan petani tembakau akan bahagia lantaran harga yang memihak kepada mereka.

"Yang paling penting dari keseluruhan ini adalah kemitraan. Kita ini bermitra, berkolaborasi. Saya sering menyampaikan, tidak ada yang lebih terhormat diantara kita, tetapi semuanya sama-sama terhormat. Pemerintah terhormat, petani terhormat, dan petani terhormat karena bersama-sama mendorong kesejahteraan dari bawah," tambahnya.

Dia berharap, kawasan industri hasil tembakau (KIHT) bisa segera terlaksana agar pengolahan tembakau sesuai harapan. Bahkan, tembakau dapat diolah menjadi berbagai aneka produk. Seperti parfume, rokok, dan lain-lain.

"Di Pamekasan ini ada sekitar 1.860 ribu luas lahan kemitraan. Harapan saya kemitraan ini semakin luas," harap mantan anggota DPRD Jawa Timur dua periode tersebut.

Baca Juga : Terima Kunjungan Wabup Trenggalek, Wawali Sofyan Edi Kenalkan Tiga Runah Singgah Kota Malang

Baddrut Tamam berharap, kesejahteraan bersama dapat terwujud dengan baik dalam konsep kerja sama tripartit tersebut. Mengingat, persoalan tembakau tidak hanya bergantung pemerintah saja, melainkan juga petani dan pabrikan.

"Kami berharap tembakau tahun ini memihak kepada petani kita. Terima kasih kepada  asosiasi petani tembakau Indonesia dan jaringan petani tembakau Indonesia atas komitmen kemitraan dengan kita semua," pungkasnya.

Judul berita Komitmen Pemkab Pamekasan Dorong Kesejahteraan Petani Tembakau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Petani Tembakau Bupati Pamekasan

Berita Lainnya