Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Serba Serbi

5 Makanan Tertua di Dunia, Salah Satunya Makanan Firaun Tutankhamun

Penulis : Desi Kris - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

23 - Jun - 2022, 10:18

Placeholder
Popcorn (Foto: SavannahblogArcher)

JATIMTIMES - Penemuan makanan tertua di dunia oleh para arkeolog dalam situs-situs purbakala menunjukkan jika budaya hidup sehat dan bertahan hidup ternyata sudah dikenal sejak lama. 

Sejumlah makanan tertua di dunia ini, bahkan ada yang masih bertahan sampai saat ini. Meskipun perkembangan dan budaya kuliner berkembang pesat pada abad ke-21, ternyata ada beberapa jenis makanan warisan dari zaman purbakala. 

Baca Juga : Berikut 7 Cara Mencegah Kanker Serviks yang Harus Diketahui, Salah Satunya Gaya Bercinta

Berikut 5 makanan tertua di dunia yang ditemukan oleh arkeolog dikutip dari laman Grunde Kamis (23/6/2022): 

1. Mi Kuno dari China

Mi adalah salah satu makanan favorit hampir semua orang. Ternyata mi sendiri telah menjadi makanan pokok untuk waktu yang lama. 

Kendati demikian, makanan ini masih diperdebatkan dunia apakah berasal dari Arab, Asia, atau Italia. Penyebutan mi tertua dalam sejarah adalah dalam teks Dinasti Han yang berasal dari antara 25 dan 220. 

Dalam sebuah penemuan tahun 2005, saat para arkeolog menggali wilayah yang disebut pemukiman Lajia, di China, salah satu harta karun yang ditemukan adalah mangkuk terbalik. Ternyata, di balik mangkuk itu masih diisi dengan mi yang diawetkan dengan sempurna di ruang berbentuk seperti mangkuk terbalik dan sedimen yang menjadi tempat tertanamnya. 

Sayangnya, mi itu berubah menjadi debu saat terkena udara, tetapi para arkeolog bisa memeriksa apa yang tertinggal dan menentukan bahwa mi itu terbuat dari millet. 

"Tipis, halus, dan kuning, mereka menyerupai mi tradisional La-Mian (seperti yang digambarkan) yang dibuat dengan menarik dan meregangkan adonan dengan tangan. Diperkirakan sekitar 4.000 tahun yang lalu makan malam seseorang terganggu dan menyebabkan mereka membalikkan mangkuk yang tidak akan dipindahkan selama empat milenium," kata Dr Houyuan Lu dari Chinese Academy of Sciences di Beijing.

2. Anggur Tertua dalam Botol

Sebotol anggur Cabernet Sauvignon 6 liter diketahui sudah berusia 3 tahun. Botol itu dijual seharga USD1 juta atau sekitar Rp 14,8 triliun pada tahun 2021 lalu. 

Anggur Romerwein aus Speyer yang tersimpan di Museum Sejarah Palatinate, adalah satu-satunya botol yang masih tersegel dan masih berisi. Botol itu ditemukan saat penggalian makam seorang bangsawan Romawi tahun 1867. 

Menurut Atlas Obscura, makam itu berasal dari tahun 325 M, bayangkan dari apa anggur itu dibuat hingga bisa tetap segar.

3. Zaitun dan Bumbu Zaman Besi

Gagasan diet Mediterania yang menyebar ke Eropa Utara dan Inggris dipercaya dibawa bersama orang Romawi. Namun,  tahun 2011, penggalian arkeologi yang dilakukan University of Reading menunjukkan bagaimana bahkan penemuan terkecil pun bisa menulis ulang sejarah. 

Saat melakukan penggalian di kota Romawi Kuno Silchester, mereka menemukan satu lubang zaitun, bersama dengan biji ketumbar, dill, dan seledri. Temuan itu berasal dari Zaman Besi Akhir - antara tahun 40 dan 50 M - dan memiliki implikasi yang mengejutkan. 

"Penemuan unik ini menunjukkan betapa canggihnya perdagangan makanan dan hubungan global Inggris, bahkan sebelum Romawi menjajah pada abad pertama Masehi," kata Kepala arkeolog dan profesor Michael Fulford.

Baca Juga : Tak Bisa Kontrol Emosi, Coba Lakukan Teknik Ini

4. Makanan Mumi Mesir Kuno

Saat berbicara tentang harta karun makanan kuno, mungkin tidak ada tempat yang lebih baik selain makam Mesir Kuno. Dimulai dengan penemuan artefak kuno Tutankhamun dan barang-barang yang ditinggalkan bersamanya di dalam makam. 

Raja Tut meninggal sekitar tahun 1324 SM dan saat dilakukan penggalian makamnya pada tahun 1922, ada satu jenis makanan yang ditemukan. Kantor Ilmu Pengetahuan dan Masyarakat McGill, menyebutkan, makanan itu adalah sebotol madu yang masih segar seperti saat disegel di makam atau hampir 3.300 tahun sebelumnya. 

Itu bukan satu-satunya yang ditemukan di makam kuno Raja Tut, termasuk di makam milik kakek buyut Tut, Yuya dan Tuyu, adalah artefak menarik yang disebut "mumi korban", atau "mumi daging." 

Mumi daging ini adalah daging mumi, termasuk bebek, burung, dan potongan hewan yang lebih besar seperti kijang, sapi, dan kambing. Daging itu diawetkan dengan cara dikeringkan kemudian ditutup dengan campuran resin. 

Sementara kakek buyut Tut dikuburkan dengan 17 mumi daging ini, Tut sendiri disegel di makamnya bersama 48 mumi.

5. Popcorn Kuno dari Peru

Beberapa makanan ringan sepertinya cukup modern hingga kini, salah satunya popcorn. Namun, penemuan bonggol (tongkol) jagung dengan biji pecah membuktikan bahwa orang Peru kuno sudah punya selera makanan ringan yang luar biasa.

Itu juga membuktikan bahwa mereka makan popcorn sejak 6.700 tahun yang lalu. Tongkol jagung berasal dari penggalian yang dilakukan di sepanjang pantai utara Peru, di lokasi yang disebut Huaca Prieta dan Paredones. 

Penemuan tongkol jagung ini membuat para arkeolog bersemangat karena memberi mereka sedikit wawasan tentang apa yang dimakan orang-orang kuno dan juga mendorong kembali sejarah jagung sekitar 2.000 tahun. 

Para peneliti juga mengatakan orang Peru kuno membuat popcorn dari tongkol jagung yang dibungkus dan dipanggang di atas bara panas atau dipegang di atas api terbuka. Ini menunjukkan bahwa popcorn sudah dikenal dan disukai sejak lama.


Topik

Serba Serbi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Desi Kris

Editor

Sri Kurnia Mahiruni