26/11/2022 Dilaksanakan di Gunung Bromo, Gebyar Batik 2022 Berlangsung Meriah | Jatim TIMES

Dilaksanakan di Gunung Bromo, Gebyar Batik 2022 Berlangsung Meriah

Jun 11, 2022 20:02
Gebyar batik Pamekasan yang dilaksanakan di Gunung Bromo (Foto:Ist/JTN)
Gebyar batik Pamekasan yang dilaksanakan di Gunung Bromo (Foto:Ist/JTN)

Pewarta: Khairul Rozi | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Pagelaran Gebyar Batik Pamekasan 2022 di Pasir Berbisik Gunung Bromo berlangsung meriah, Sabtu (11/6/2022). Kegiatan yang bekerja sama dengan Eksotika Bromo ini mampu memikat banyak pengunjung dan wisatawan lokal mau pun asing untuk turut menyaksikan keindahan batik tulis Pamekasan.

Dalam tampilannya, busana fashion batik tersebut melibatkan enam desainer kondang asal Pamekasan. Mulai dari Herdy Seset, Pepeng Brianto, Lutfianto, Bagus Dwi Prasetyo, Alvien Oktava, dan Desainer Nasional, Embran Nawawi. Kegiatan tersebut dihadiri Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin, Sekretaris Daerah Pamekasan Totok Hartono, dan Ketua DRPD Pamekasan Fathorrahman.

Baca Juga : Pembangunan MCC Capai 92,26 Persen, Ditarget Selesai Akhir Juli 2022

Selain itu, sejumlah kepala dinas dan 13 camat se-Kabupaten Pamekasan turut hadir menyaksikan pagelaran Gebyar Batik Pamekasan 2022 di Pasir Berbisik Gunung Bromo.

Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin menyampaikan, pagelaran Gebyar Batik Pamekasan 2022 ini pihaknya ingin menampilkan keindahan dan kemolekan batik tulis Pamekasan untuk dunia melalui busana fashion.

Kata dia, batik tulis Pamekasan di Jawa Timur maupun nasional terkenal dengan harganya yang paling murah dengan kualitas bagus. "Kalau tidak percaya silakan dikunjungi. Jangan hanya dilihat dan dipegang saja tapi dibeli karena harganya murah," jelasnya.

Murahnya harga batik tulis Pamekasan dengan batik dari daerah lain telah diakui oleh Ibu Hamengkubuwono ke-X. Cerita Fattah, sewaktu 2018 lalu, saat dirinya menjabat sebagai Pj Bupati Pamekasan, Ibu Hamengkubuwono ke-X berkunjung ke Pamekasan dan memborong 5 karung batik tulis Pamekasan di Pasar 17 Agustus.

"Beliau hadir di Pamekasan dan membeli langsung di Pasar 17 Agustus yang merupakan pasar besar batik tulis Pamekasan terbesar. Beliau membeli 5 karung batik karena harganya murah dengan harga grosir," cerita Fattah di hadapan ribuan penonton yang hadir di acara Gebyar Batik Pamekasan 2022.

Menurut Wabup yang akrab disapa Gus Acing ini, murahnya harga batik tulis Pamekasan karena yang menjadi pedagang di Pasar 17 Agustus merupakan perajin batik. Sehingga hasil karya batik tulis Pamekasan yang dijual di pasar tersebut kualitasnya bagus dengan harga murah. Bahkan setiap Kamis dan Minggu di Pasar 17 Agustus Pamekasan itu dijadikan sebagai hari pasar batik yang ramai dipadati pengunjung.

Baca Juga : Cara Mendapatkan Skin, Gems Dan Tokens Gratis Di Game Stumble Guys

"Banyak pengunjung yang datang dari Jakarta, luar pulau semuanya tumpah ruah beli batik di Pasar 17 Agustus," ungkap Gus Acing.

Tak hanya itu, Gus Acing juga mengaku bersyukur sebab pagelaran Gebyar Batik Pamekasan 2022 yang digelar di Malang Town Square (Matos), Sabtu (19/3/2022) lalu, para perajin meraup untung dengan omzet Rp 300 juta dalam sekali acara.

Pihaknya mewakili pembatik dan perajin batik se-Pamekasan menyampaikan terima kasih terhadap panitia penyelenggara Eksotika Bromo karena telah memberikan kesempatan terhadap Kabupaten Pamekasan untuk menampilkan keindahan batik tulis Pamekasan untuk dunia. Pihaknya berharap, melalui acara Gebyar Batik Pamekasan 2022 yang berkolaborasi dengan Eksotika Bromo itu dapat meningkatkan ekonomi kreatif khususnya dari segala sektor ekonomi dan UMKM di kalangan masyarakat.

Judul berita Dilaksanakan di Gunung Bromo, Gebyar Batik 2022 Berlangsung Meriah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pagelaran gebyar batik pamekasan Batik Pamekasan

Berita Lainnya