Tandatangani MoU Bersama DJPb Jatim, Bupati Tulungagung: Semoga Berdampak pada Pemulihan Ekonomi | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Tandatangani MoU Bersama DJPb Jatim, Bupati Tulungagung: Semoga Berdampak pada Pemulihan Ekonomi

Jun 21, 2022 19:28
Penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemkab Tulungagung dengan DJPb Provinsi Jatim di Pendapa, Senin (21/6/2022). (Foto: Supri for TulungagungTIMES)
Penandatanganan nota kesepahaman bersama antara Pemkab Tulungagung dengan DJPb Provinsi Jatim di Pendapa, Senin (21/6/2022). (Foto: Supri for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Tulungagung Maryoto Birowo telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) bersama Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Timur (Jatim) di Pendapa Kongas Arum Kusumaning Bangsa, Selasa (21/6/2022).

Dalam kesempatan itu Maryoto menyampaikan, bahwa penandatangan MoU bersama Kanwil DJPb Jatim adalah hal yang sangat penting. Karena dengan penandatanganan itu menjadi bentuk komitmen dalam konsolidasi kebijakan negara hingga bisa tersampaikan kepada masyarakat.

Baca Juga : APBD Jatim Rp 30 T, Fraksi Gerindra Komisi A hingga E Pastikan OPD Pemprov Serap Produk Lokal

Selain itu, penandatanganan MoU juga bertujuan agar Pemerintah Kabupaten Tulungagung bisa maksimal dalam memanfaatkan APBD untuk kepentingan masyarakat. Sehingga bisa memberi dampak dan mengeluarkan program-program pemulihan ekonomi masyarakat.

"Ini bertujuan agar bisa memanfaatkan APBD semaksimal mungkin untuk kepentingan masyarakat, serta memberi manfaat dan dampak pada program pemulihan ekonomi," kata Maryoto.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah DJPb Provinsi Jatim Taukhid mengatakan, penandatanganan MoU merupakan hal penting. Pasalnya, nota kesepakatan itu adalah salah bentuk upaya untuk menyinkronkan kesepahaman dalam menggunakan dan pengelolaan anggaran negara.

"Dalam kesepakatan itu tidak hanya sebatas pada penyaluran dana-dana APBN melainkan juga berbagai aspek kebijakan fiskal lainnya," katanya.

Dijelaskan, MoU mengatur tentang kesepakatan pemanfaatan data dan informasi serta penguatan koordinasi dalam penyelenggaraan pelaksanaan kebijakan pengelolaan keuangan publik dalam melaksanakan hubungan keuangan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Selain di Tulungagung, pihaknya juga sudah melakukan penandatanganan nota kesepahaman di 17 kota/kabupaten di wilayah Provinsi Jatim.

Baca Juga : Askot PSSI Kota Malang Angkat Bicara, Terkait Kericuhan Sepak Bola di Pertandingan Porprov VII Jatim

Taukhid menambahkan, pihaknya sebelumnya sudah melakukan penandatanganan MoU di beberapa kabupaten maupun kota di Jatim, diantaranya Magetan, Malang, Pasuruan, Batu, Pacitan, Kediri, Mojokerto, Blitar dan terakhir di Lamongan dan Nganjuk.

"Penandatanganan nota kesepahaman ini merupakan deklarasi Pemkab Tulungagung dengan Kanwil DJPb Jawa Timur," jelasnya. 

Dia berharap, melalui penandatanganan nota kesepahaman bersama itu, hubungan dan kerjasama di berbagai bidang antara pemerintah pusat, pemerintah daerah berikut masyarakat dapat diwujudkan dan ditingkatkan secara berkesinambungan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Bupati Tulungagung nota kesepahaman mou

Berita Lainnya