Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

APBD Jatim Rp 30 T, Fraksi Gerindra Komisi A hingga E Pastikan OPD Pemprov Serap Produk Lokal

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Dede Nana

21 - Jun - 2022, 19:18

Placeholder
Muhammad Fawait Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim

JATIMTIMES - Fraksi Partai Gerindra DPRD Jawa Timur (Jatim) berkomitmen mengawal belanja pemerintah daerah yang bersumber pada dana APBD untuk memprioritaskan produk domestik, terutama lokal Jawa Timur. Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Jatim Muhammad Fawait.

Langkah itu akan dilakukan mulai proses pembahasan APBD Jatim murni maupun perubahan atau PAK. Pihaknya akan memastikan agar belanja produk lokal menjadi prioritas di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD).

Baca Juga : Dorong Efisiensi Alokasi Dana BOS, Dindik Kota Kediri Sosialisasi ke Kasek SD-SMPĀ 

"Pemprov Jatim mempunyai APBD sekitar Rp 30 triliun. Ini harus dimaksimalkan untuk belanja produk lokal dalam negeri, khususnya lokal Jatim. Ini salah satu bentuk konkret APBD untuk rakyat," tegas politikus muda Gerindra yang akrab disapa Gus Fawait itu, Selasa (21/6/2022).

Fawait melanjutkan, Fraksi Gerindra di DPRD Jatim memilik anggota mulai di Komisi A sampai Komisi E. Karena itu, mereka akan memastikan OPD yang menjadi mitra kerja agar mengutamakan produk lokal dalam belanja daerah.

Presiden Laskar Sholawat Nusantara ini menjelaskan, dengan belanja produk lokal secara otomatis akan membangkitkan pertumbuhan ekonomi di Jatim. Sebab akan banyak pelaku UMKM yang bisa berproduksi dan mengembangkan usahanya. Dengan begitu juga akan menyerap tenaga kerja lokal yang cukup besar.

"Jatim ini provinsi besar dengan jumlah penduduk lebih dari 40 juta jiwa. Ini jelas pasar yang besar, karena itu harus dimaksimalkan untuk pemberdayaan produk lokal," ujar alumnus Fakultas Ekonomi Unair Surabaya itu.

Fawait mengungkapkan, gerakan belanja produk lokal ini akan diperluas dan melibatkan Fraksi Gerindra di 38 kabupaten/kota se-Jatim. Dengan begitu, tidak hanya APBD Pemprov Jatim yang menyerap produk lokal, tapi juga APBD di tingkat kabupaten dan kota  di seluruh Jatim.

Baca Juga : Target Tembus 3 Besar di Porprov VII, Bupati Sanusi Siapkan Bonus bagi Peraih Medali

Karena itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melaksanakan bimbingan teknis Fraksi Partai Gerindra se-Jatim. Hal ini untuk merumuskan skema dan mempertegas komitmen Fraksi Gerindra dalam mengawal dana APBD untuk belanja produk lokal.

"Saya secara pribadi juga telah mengawali dengan menggunakan produk lokal. Baju dan celana yang saya pakai selama ini produk penjahit lokal Jember yang kebetulan seorang santri, hasilnya pun bagus. Ini bentuk keberpihakan saya terhadap pelaku UMKM. Langkah ini tentu juga diikuti anggota Fraksi Gerindra yang lain," pungkas pengasuh Ponpes Nurul Chotib, Al Qodiri IV Jember tersebut. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Dede Nana