01/02/2023 Wali Kota Kediri Minta Seniman Jaranan Kolaborasi dengan Pengrajin Batik dan Kaus untuk Perluas Dampak Ekonomi  | Jatim TIMES

Wali Kota Kediri Minta Seniman Jaranan Kolaborasi dengan Pengrajin Batik dan Kaus untuk Perluas Dampak Ekonomi 

Jun 21, 2022 13:11
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. (Foto: Dok. Istimewa)
Wali Kota Kediri, Abdullah Abu Bakar. (Foto: Dok. Istimewa)

Pewarta: Bambang Setioko | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Jaranan atau kuda lumping merupakan kesenian khas dari Kota Kediri. Tak hanya sekedar kesenian atau tarian, jaranan dapat menghasilkan dampak perekonomian yang luas. Salah satunya melalui batik motif jaranan.

"Dampak ekonomi yang bisa dihasilkan dari jaranan ini sangat banyak. Salah satunya seperti yang saya pakai ini baju batik jaranan yang menghasilkan uang. Tidak hanya kesenian atau tarian saja, sekarang ini harus berpikir jangka panjang," kaya Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar.

Baca Juga : Dampak PMK, 135 Sapi Dipotong Paksa di Kota Malang, Dispangtan Sebut 96 Sapi Sembuh

Mas Abu panggilan akrab Abdullah Abu Bakar ini lantas menceritakan beberapa waktu lalu Ketua Dekranasda Kota Kediri menggagas Dhoho Street Fashion. Digandenglah desainer nasional Lenny Agustin. Desainer tersebut bekerja sama dengan pengrajin batik di Kota Kediri lalu membuat batik ciri khas Kota Kediri.

"Ternyata ada kuda lumping di sini. Akhirnya dibuatlah motif kuda lumping dalam batik tersebut. Kita tetap butuh orang lain dalam mengembangkan sesuatu. Kita harus menggunakan pemikiran-pemikiran orang lain untuk menambah khasanah berpikir kita," jelasnya.

Dari hal tersebut, Wali Kota Kediri mengajak seniman tidak hanya memikirkan tontonan jaranan saja. Namun memikirkan dampak ekonomi yang lebih luas lagi. Apalagi sebentar lagi akan berdiri bandara dan jalan tol di Kediri. Pasti kota ini akan didatangi banyak orang dari luar daerah atau bahkan luar negeri. Seniman jaranan bisa membuat seni pertunjukan jaranan seperti di Prambanan ada tari Ramayana.

Baca Juga : Pajak Karbon jadi Salah Satu Instrumen NEK yang Bertujuan Mengubah Perilaku Masyarakat untuk Beralih pada Aktivitas Ekonomi Hijau yang Rendah Karbon

"Jaranan ini saya pikir banyak yang bisa dikembangkan dan saya akan bantu. Saya titip kepada yang muda-muda buat kaos jaranan yang keren dan bagus. Karena yang suka jaranan ini banyak dari ukuran anak kecil sampai dewasa. Kalau tidak bisa desain pesan ke orang-orang yang bisa desain. Harus ada kolaborasi," ungkapnya.

Judul berita Wali Kota Kediri Minta Seniman Jaranan Kolaborasi dengan Pengrajin Batik dan Kaus untuk Perluas Dampak Ekonomi .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Abdullah Abu Bakar Kuda Lumping

Berita Lainnya