30/11/2022 PMK Serang Sapi, MUI Kota Malang Sarankan Masyarakat Pilih Kambing atau Sembako untuk Kurban | Jatim TIMES

PMK Serang Sapi, MUI Kota Malang Sarankan Masyarakat Pilih Kambing atau Sembako untuk Kurban

Jun 16, 2022 22:06
Peternak sedang merawat hewan ternak berjenis sapi agar tetap sehat di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak. (Foto: Dok. JatimTIMES)
Peternak sedang merawat hewan ternak berjenis sapi agar tetap sehat di tengah wabah Penyakit Mulut dan Kaki (PMK) yang menyerang hewan ternak. (Foto: Dok. JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Kota Malang telah menjadi salah satu daerah tertular wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) dari 25 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Jawa Timur (Jatim). 

Di tengah situasi dan kondisi semacam ini, seluruh pihak berupaya untuk melakukan pencegahan persebaran PMK pada hewan ternak, khususnya sapi melalui sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat hingga peternak. 

Baca Juga : Pasar Offline Masih Tutup, Pasar Hewan Qurban Online di Tulungagung Makin Kreatif

Terlebih lagi dalam waktu dekat umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha. Di mana pada momentum tersebut, banyak dibutuhkan hewan ternak berupa kambing maupun sapi untuk berkurban.

Salah satu yang memberikan respons terkait adanya PMK yang menyerang hewan ternak sapi yakni dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Malang. Ketua MUI Kota Malang Baidlowi Muslich mengatakan, agar penjual maupun masyarakat lebih berhati-hati dalam bertransaksi jual beli hewan ternak, khususnya sapi. 

Berdasarkan rekapan data selama satu bulan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Malang yakni mulai tanggal 9 Mei hingga 9 Juni 2022, sebanyak 265 hewan ternak yang terjangkit PMK merupakan hewan ternak jenis sapi. 

Sebaran dari total 265 kasus hewan ternak sapi yang terjangkit PMK tersebut terdapat di enam wilayah kelurahan yang ada di Kota Malang. Di antaranya, Kelurahan Ciptomulyo, Madyopuro, Lesanpuro, Purwantoro, Bunulrejo dan Pisangcandi. 

Maka, Baidlowi mengimbau kepada masyarakat Kota Malang yang akan berkurban agar memerhatikan dengan seksama hewan ternak yang akan dibeli. Karena yang paling banyak terjangkit PMK hewan ternak sapi, pihaknya menyarankan agar masyarakat berkurban dengan hewan ternak kambing. 

"Yang paling banyak kena PMK kan Sapi. Maka umat Islam ya berkurban jangan menggunakan sapi, tapi berkurban menggunakan kambing saja," ungkap Baidlowi kepada JatimTIMES.com. 

Lebih lanjut, diperkirakan awal-awal Bulan Juli umat Islam di Indonesia khususnya di Kota Malang akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Maka, Baidlowi juga menyarankan agar para peternak maupun pemerintah dapat melibatkan peran serta dokter hewan dalam melakukan pengecekan kesehatan hewan-hewan ternak yang akan digunakan untuk kurban. 

Baidlowi menuturkan, jika nantinya dokter menyatakan bahwa hewan ternak yang akan digunakan untuk kurban dipastikan sehat dan aman jika dagingnya dibagikan kepada masyarakat, maka masyarakat atau panitia penyembelihan hewan kurban dapat melaksanakan penyembelihan hewan kurban. 

Baca Juga : MUI Banyuwangi Minta Umat Islam Tidak Sembelih Hewan Kurban Terjangkit PMK

Selain itu, Baidlowi juga memberikan pilihan lain bagi masyarakat yang masih rau-ragu untuk berkurban dengan menggunakan hewan ternak sapi maupun kambing di tengah wabah PMK. Yakni dengan menggantikan hewan ternak dengan sedekah kepada fakir miskin. 

"Saya menganjurkan umat Islam yang ingin kurban, hendaknya kurban itu diganti dengan sedekah yang lain, misalnya untuk fakir miskin atau anak yatim yang mestinya diberi daging bisa diberi sembako," jelas Baidlowi. 

Untuk penghitungan sedekah berupa sembako itu, diharapkan juga setara dengan harga hewan kurban. Hal itu akan lebih memberikan banyak manfaat kepada para fakir miskin. 

"Saya kira lebih bagus untuk diperhitungkan harga daging kira-kira berapa, itu dibelikan sembako terus dibagikan ke fakir miskin," tutur Baidlowi. 

Sementara itu, terakhir Baidlowi juga berharap agar wabah PMK yang menyerang hewan ternak sapi ini dapat segera teratasi. Terlebih lagi, PMK ini bukan termasuk jenis penyakit zoonosis atau penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia.

Judul berita PMK Serang Sapi, MUI Kota Malang Sarankan Masyarakat Pilih Kambing atau Sembako untuk Kurban.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
wabah pmk Hewan Kurban

Berita Lainnya