08/12/2022 Bawaslu Kabupaten Blitar Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024 | Jatim TIMES

Bawaslu Kabupaten Blitar Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024

Jun 16, 2022 16:30
Perwakilan LSM JIHAT melakukan pengambilan formulir pendaftaran pemantau pemilu dan diserahkan langsung oleh Kordiv Pengawasan  Priya Hari S
Perwakilan LSM JIHAT melakukan pengambilan formulir pendaftaran pemantau pemilu dan diserahkan langsung oleh Kordiv Pengawasan Priya Hari S

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Blitar resmi membuka pendaftaran Pemantau Pemilu  ditandai dengan peluncuran Meja Layanan Pemantau Pemilu (Help Desk Pemantau Pemilu) 2024. Hal ini juga sekaligus menandai dimulainya tahapan Pemilu 2024. 

Sesuai namanya, Meja Layanan Pemantau Pemilu 2024 akan menjadi sarana yang melayani pemantau dalam melaksanakan tugasnya. Pendaftaran ini dimulai sejak 15 Juni 2022 hingga 7 Februari 2024.

Baca Juga : Pemerintah Dukung Investasi dalam Pengembangan Industri Kedirgantaraan Nasional

Priya Hari Santosa selaku Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Kabupaten Blitar berharap di wilayah Kabupaten Blitar banyak lembaga swadaya masyarakat, organisasi kepemudaan atau kemahasiswaan yang ikut bergabung dan mendaftarkan lembaganya untuk menjadi pemantau independen dalam Pemilu.

“Untuk mendaftar bisa langsung ke kantor Bawaslu Kabupaten Blitar di Jalan Ahmad Yani Nomor 42, Kota Blitar di meja layanan pemantau yang telah kami siapkan,” kata Priya.

Hingga berita ini ditulis, sudah ada beberapa kelompok masyarakat yang bertanya persyaratan menjadi pemantau Pemilu 2024. "Ini kan PKPU tentang tahapan Pemilu 2024 sudah di dok. Tahapan akan dimulai 14 Juni 2022. Persiapan awal, kita mengajak masyarakat ikut serta memantau pemilu serentak 2024," imbuh Priya.

Sebagai informasi, Senin 14 Juni 2022, perwakilan dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Jaring Investigasi dan Kejahatan Aparat (Jihat ) Joko Trisno Mudiyanto telah mendatangi kantor Bawaslu Kabupaten Blitar untuk berkonsultasi dan mendaftar sebagai pemantau pemilu. 

Baca Juga : Puluhan Pasangan Bocah di Blitar Ajukan Dispensasi Nikah, Dipicu Faktor Hamil Duluan

Persyaratan sesuai dengan Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2018 tentang Pemantau Pemilu antara lain berbadan hukum dan bersifat independen. Ketua Bawaslu Kabupaten Blitar Abdul Hakam Sholahuddin menambahkan, kehadiran Pemantau  Pemilu sangat dibutuhkan Bawaslu, demi terwujudnya Pemilu dan Pemilihan yang berkualitas dan berintegritas. Karena itu dia berharap agar pemantau dapat mendaftarkan diri lebih cepat dari yang semestinya, sehingga dapat mengawal dan mengawasi seluruh tahapan Pemilu 2024. 

“Dengan adanya pemantau pemilu diharapkan demokrasi Indonesia akan terhindar dari politisasi SARA, hoax, fitnah dan black campaign atau kampanye hitam,” pungkas Hakam.

Judul berita Bawaslu Kabupaten Blitar Buka Pendaftaran Pemantau Pemilu 2024.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Bawaslu Kabupaten Blitar pendaftaran pemantau pemilu

Berita Lainnya