30/01/2023 Lomba Memandikan dan Mengafani Jenazah Warnai Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Jombang | Jatim TIMES

Lomba Memandikan dan Mengafani Jenazah Warnai Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Jombang

Jun 14, 2022 16:31
Lomba memandikan dan mengkafani jenazah dalam rangka HUT Bhayangkara di Polres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)
Lomba memandikan dan mengkafani jenazah dalam rangka HUT Bhayangkara di Polres Jombang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

Pewarta: Adi Rosul | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Lomba memandikan dan mengafani jenazah mewarnai rangkaian Hari Bhayangkara ke-76 di Jombang. Selain merayakan hari ulang tahun Kepolisian Republik Indonesia, acara yang diikuti oleh ratusan anggota Polres Jombang ini juga sebagai bekal untuk melayani masyarakat.

Lomba memandikan dan mengafani ini diikuti oleh anggota di 21 polsek jajaran dan anggota di satuan fungsi Polres Jombang. Masing-masing Polsek dan satuan fungsi mengirimkan 5 anggotanya untuk mengikuti perlombaan yang digelar di halaman Masjid Agung Junnatul Fu'adah Polres Jombang, Selasa (14/06/2022).

Baca Juga : Persebaya Start Pertandingan Piala Presiden dengan Satu Poin

Perlombaan dalam rangka peringatan Hari Bhayangkara ke-76 itu dipantau langsung oleh Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidayat dan para tokoh agama di kota santri. "Hari ini Polres Jombang bekerja sama dengan Kemenag dan tokoh agama melaksanakan lomba memandikan dan mengafani jenazah," ujarnya kepada wartawan di lokasi.

Perlombaan memandikan dan mengafani jenazah ini pastinya dilakukan sesuai tata cara syariat Islam. Setiap regu diminta untuk merawat jenazah laki-laki berupa boneka manekin.

Juri dari petugas Kemenag Jombang akan menilainya dari tata cara memandikan dan mengafani jenazah. Mulai cara menyiram, membersihkan jenazah dan cara mengkafani serta adab dan kesopanan merawat jenazah menjadi poin penilaian juri.

Dikatakan Nurhidayat, kegiatan tersebut bukan sebatas perlombaan saja. Melainkan upaya untuk meningkatkan kompetensi sumberdaya anggota Polri.

"Jadi kompentensi yang kami sampaikan di sini bukan hanya kompetensi secara kepolisian tapi kompetensi secara sosial. Yaitu salah satunya memandikan dan mengafani jenazah," tandasnya.

Baca Juga : Sempat Jadi Cadangan saat Masuk, Siswa MIN 1 Kota Malang ini Jadi Siswa Berprestasi 3 Kategori

Ia berharap, pengalaman dalam perlombaan tersebut bisa menjadi bekal para anggotanya untuk melayani masyarakat. Seperti ikut memandikan dan mengafani jenazah bila masyarakat membutuhkan bantuan pihak kepolisian.

"Harapan kita dalam perlombaan HUT Polri ini, kita bisa memberikan manfaat secara internal bagi SDM Polri dan juga manfaat bagi eksternal yaitu manfaat bagi masyarakat," pungkasnya.(*)

Judul berita Lomba Memandikan dan Mengafani Jenazah Warnai Peringatan Hari Bhayangkara ke-76 di Jombang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
lomba memandikan jenazah Polres Jombang

Berita Lainnya