Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Angin Kencang Sapu Satu Desa di Jombang, 7 Rumah Rusak dan Pohon Tumbang

Penulis : Adi Rosul - Editor : Dede Nana

13 - Jun - 2022, 17:04

Placeholder
Salah satu rumah warga yang tersapu angin kencang. (Foto : Adi Rosul / JombangTimes)

JATIMTIMES - Hujan deras disertai angin kencang menerjang Desa Ngudirejo, Kecamatan Diwek, Jombang. Fenomena alam ini mengakibatkan sejumlah rumah rusak dan beberapa pohon tumbang.

Kades Ngudirejo Lantarno mengatakan, hujan deras disertai angin kencang terjadi di Dusun Ngudirejo siang tadi sekitar pukul 14.00 WIB. Angin kencang tersebut menyapu pemukiman warga selama 15 menit.

Baca Juga : Satreskrim Polres Kediri Kota Berhasil Bekuk Komplotan Pencuri Spesialis Mobil Pick Up

"Kejadiannya sekitar jam 2 (pukul 14.00 WIB). Terus hujan disertai puting beliung. Anginnya sekitar 15 menit, kalau hujannya setengah jam tadi," terangnya saat diwawancarai wartawan di lokasi, Senin (13/6/2022).

Kencangnya angin, lanjut Lantarno, mengakibatkan sejumlah pohon di sepanjang jalan Dusun Ngudirejo tumbang. Selain itu, sedikitnya ada 7 rumah mengalami kerusakan di bagian atap. Yaitu genting longsor hingga atap kanopi yang tersingkap karena angin.

Seperti atap kanopi bangunan gudang material milik M Fauzan (33). Atap berbahan galvalum itu terbang sejauh 10 meter ke samping. "Puting beliung sangat kencang. Ada pohon tumbang, rumah rusak dan ada atap yang mawut (terbang). Kerusakan ada 7 rumah ini laporan sementara," ungkapnya.

Saat ini, petugas dari BPBD Jombang dan relawan dibantu warga tengah melakukan perbaikan rumah warga yang rusak dan mengevakuasi pohon yang tumbang. Supervisor Pusdalops BPBD Jombang Stevie Maria menerangkan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.

Hanya beberapa atap rumah warga rusak ringan akibat tersapu angin kencang. "Sementara ini ada 4 rumah yang terdampak, tapi tidak ada kerusakan. Genting rumah longsor. Tidak ada korban jiwa," terangnya.

Baca Juga : Polisi Temukan Luka Terbuka pada Mayat Pria yang Ditemukan Mengambang di Sungai Molek, Korban Pembunuhan?

Dikatakan Stevie, potensi hujan deras disertai angin kencang akan terus terjadi di sore hari pada Juni ini. Pasalnya, merujuk rilis BMKG saat ini tengah terjadi kemarau basah.

"Merujuk rilis BMKG, bahwa tahun ini kemarau kita kemarau basah. Sehingga masih ada curah hujan di atas 100 mm pada waktu-waktu tertentu. Hanya saja ketika waktunya di siang ke sore hari ini potensi terjadi hujan deras dan angin kencang," pungkasnya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Dede Nana