Hadiri Penandatanganan MoU SuKMa-e Jatim, Bupati Tulungagung: Kepala OPD Tidak Boleh Reaktif Namun Harus Kreatif | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Hadiri Penandatanganan MoU SuKMa-e Jatim, Bupati Tulungagung: Kepala OPD Tidak Boleh Reaktif Namun Harus Kreatif

Jun 08, 2022 17:10
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menandatangani MoU penerapan replikasi inovasi pelayanan publik Sukma-e Jatim, Rabu (8/6/2022). (Foto: Humas Pemkab Tulungagung for TulungagungTIMES)
Bupati Tulungagung Maryoto Birowo saat menandatangani MoU penerapan replikasi inovasi pelayanan publik Sukma-e Jatim, Rabu (8/6/2022). (Foto: Humas Pemkab Tulungagung for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Bupati Tulungagung Maryoto Birowo mengatakan, bahwa Kepala Perangkat Daerah (OPD) beserta jajarannya tidak boleh reaktif namun harus kreatif dan selalu memunculkan karya inovasi, ide-ide baru guna meningkatkan kualitas pelayanan bagi masyarakat. 

Hal ini disampaikannya saat acara penandatanganan komitmen dan penerapan replikasi inovasi pelayanan publik Survey Kepuasan Masyarakat Elektronik Jawa Timur (SuKMa-e Jatim) di Kabupaten Tulungagung, Rabu (8/6/2022).

Baca Juga : Wujudkan Pelayanan Publik Berkualitas, Bupati Tulungagung Tandatangani MoU Sukma-e Jatim

"Kepala Perangkat Daerah beserta jajarannya tidak boleh reaktif namun harus kreatif," katanya.

Menurut Maryoto, inovasi yang dibuat oleh para Kepala OPD beserta jajarannya harus bermanfaat dan bisa langsung dirasakan oleh masyarakat, selain itu diperlukan tanggungjawab melalui pengelolaan yang maksimal terkait keluhan dan pengaduan masyarakat.

Pada 27 Juli 2021, lanjutnya, Presiden Joko Widodo resmi meluncurkan Core Value ASN yaitu BerAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) dengan tujuan untuk menyeragamkan nilai-nilai dasar bagi seluruh ASN di Indonesia sehingga dapat menjadi pondasi budaya kerja ASN yang profesional. Orientasi pelayanan yang berkualitas dan profesional harus dimaknai dengan baik oleh setiap ASN tidak hanya sekedar menjadi jargon melainkan harus dilaksanakan.

"Dalam memberikan pelayanan publik, ASN harus selalu melakukan perbaikan tiada henti baik dari peningkatan kompetensi maupun cara pelayanan sebagaimana Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa," ucapnya.

Maryoto mengungkapkan, hari ini akan dilaksanakan bimbingan teknis kepada admin perangkat daerah dan admin UPT untuk dapat mengoperasikan aplikasi SuKMa-e Jatim dengan baik. Kepada kepala perangkat daerah, dirinya meminta, untuk memotivasi kegiatan tersebut dan nantinya dilaksanakan di perangkat daerahnya masing-masing. 

SuKMa-e Jatim sendiri adalah salah satu Inovasi Biro Organisasi Setda Provinsi Jawa Timur, merupakan sistem untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat sebagai pengguna layanan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik. Hadirnya SuKMa-e Jatim, sebagai tindak lanjut ditetapkannya Permenpan RB Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survey Kepuasan Masyarakat untuk Penyelenggaraan Pelayanan Publik.

Baca Juga : Delegasi UIN Malang Ikuti Konferensi Internasional di Belanda

Selain itu, salah satu fungsi utama ASN adalah sebagai pelayan publik yang tugasnya di antaranya adalah memberikan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas, bukannya minta dilayani oleh masyarakat. 

Artinya, semua ASN dituntut untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan umpan balik kepuasan masyarakat terhadap kinerja penyelenggaraan pelayanan sangat diharapkan.

"Dengan memanfaatkan aplikasi SuKMa-e Jatim yang kita replikasi ini, pelayanan perangkat daerah lingkup Pemkab Tulungagung bisa langsung dalam pantauan masyarakat artinya masyarakat pemanfaat layanan cukup melalui ponsel bisa secara langsung memberikan kritik dan saran atas pelayanan yang diberikan perangkat daerah," ungkapnya.

Pemerintah daerah, kata Maryoto, wajib menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme serta administrasi pemerintahan yang tertib dan teratur untuk menjawab terwujudnya Good Government.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
pemkab tulungagung pelayanan pemkab tulungagung

Berita Lainnya