01/12/2022 Pertahankan Predikat Kota Layak Anak, Ini Upaya Pemkot Batu | Jatim TIMES

Pertahankan Predikat Kota Layak Anak, Ini Upaya Pemkot Batu

Jun 07, 2022 14:09
Suasana verifikasi lapangan dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani, Selasa (7/6/2022).
Suasana verifikasi lapangan dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani, Selasa (7/6/2022).

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Verifikasi Lapangan Hybrid (VLH) evaluasi Kota Layak Anak (KLA) Kota Batu dilakukan tim verifikasi dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI. Melalui verifikasi tersebut, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko membagi lima kluster untuk pemenuhan hak-hak anak.

Dewanti mengatakan, Pemkot Batu terus berkomitmen mewujudkan KLA melalui berbagai regulasi dan kebijakan. Pemenuhan hak-hak anak meliputi, kluster 1 tentang hak sipil dan kebebasan. Kluster 2 tentang lingkungan keluarga dan pengasuhan pengganti. Kluster 3 tentang kesehatan dasar dan kesejahteraan. Kluster 4 tentang pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan seni budaya dan kluster 5 mengenai perlindungan khusus.

Baca Juga : 3 Poin Penting Kesepakatan Pemkab Malang dan Kementerian Pendidikan untuk Pendirian Kampus

Tak hanya itu saja, Pemkot Batu juga sudah menyediakan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), Lembaga Konsultasi Kesejahteraan Keluarga dan Infrastruktur Fasilitas Ramah Anak. Selain itu, Kota Batu telah berinovasi dalam hal pelayanan publik untuk mewujudkan Kota Layak Anak.

“Kami terus bersinergi dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan stakeholder terkait untuk mewujudkan Kota Layak Anak dalam memenuhi hak-hak anak yang terdiri dari lima kluster,” ungkap Dewanti.

Misalnya melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, memiliki pelayanan Jebol Pak Bahir atau Jemput Bola Pelayanan Akta Baru Lahir. Di mana bayi yang baru lahir mendapatkan pelayanan pembuatan akta.

“Selain itu terdapat pelayanan PKK Penak (PKK Pelayanan Akta Kelahiran Kolektif), di mana petugas bekerja sama dengan PKK dan langsung turun ke desa,” tambah Dewanti.

Baca Juga : Diskopindag Kota Malang Gelar Pelatihan SKKNI, Hadirkan 50 Perwakilan Koperasi

“Harapannya, penilaian tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya,” harap Dewanti.

Sebelumnya, komitmen Pemerintah Kota Batu untuk mewujudkan lingkungan ramah bagi tumbuh kembang anak dan pemenuhan hak serta perlindungan anak, mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat dengan meraih predikat KLA tahun 2021 tingkat Madya. Sedang, verifikasi lapangan dilaksanakan secara virtual di Ruang Rapat Utama Balai Kota Among Tani, Selasa (7/6/2022).

Judul berita Pertahankan Predikat Kota Layak Anak, Ini Upaya Pemkot Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kota Layak Anak Walikota Batu

Berita Lainnya