Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Ning Ita Beber Strategi Bangkitkan Ekonomi lewat Digitalisasi UMKM Mojokerto saat ISPE di Bali

Penulis : Abdullah M - Editor : A Yahya

03 - Jun - 2022, 19:27

Placeholder
Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari saat menjadi pemateri di acara ISPE

JATIMTIMES - Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari memiliki komitmen untuk memajukan UMKM di Kota Mojokerto. Terutama pasca pandemi covid-19. Karena UMKM adalah penggerak perekonomian yang utama dengan memberdayakan masyarakat untuk menghasilkan produk lokal berkualitas global.

Dalam Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2022 yang digelar pada Jumat (3/6) di Bali Internasional Convention Center, Nusa Dua Bali, Ning Ita sapaan akrabnya menjadi salah satu narasumber. Ning Ita memaparkan berbagai upaya untuk mengangkat UMKM Kota Mojokerto hingga memulihkan ekonomi Kota Mojokerto dari minus 3,69 menjadi surplus 3,65.

Baca Juga : Grand Miami Hotel, Hotel Bintang 4 Resmi Beroperasi di Ibukota Kepanjen

Disampaikan oleh Ning Ita, salah satu upayanya adalah digitalisasi UMKM yang telah dilakukan sejak 2019 melalui aplikasi Mojo Market. Bahkan saat ini produk-produk UMKM Kota Mojokerto sudah terdaftar dalam berbagai marketplace dan e-katalog LKPP.

"Kami mengupayakan digitalisasi UMKM secara masif mulai dari 2019 kami sediakan e-marketplace lokal yaitu mojo market. Kemudian kami juga bekerjasama dengan e-marketplace yang sudah sustainable seperti Meeber, Grab, Bhinneka.com, Jatim Bejo, yang merupakan katalog lokal milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur," jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa Pemkot juga memberikan pelatihan kepada 400 UMKM yang sudah sustainable untuk mendaftar di aplikasi jubelio.

Dalam forum ini Ning Ita juga menyampaikan beberapa tantangan dan strategi tentang belanja langsung (Bela) Pengadaan di Kota Mojokerto. "Masih banyak pelaku UMKM yang belum mengenal e-marketplace untuk Bela Pengadaan. Oleh karena itu Pemerintah Kota Mojokerto memfasilitasi para pelaku UMKM untuk masuk di Bela Pengadaan maupun e-katalog," jelasnya.

Masih kata Ning Ita, UMKM di Kota Mojokerto belum semuanya memiliki legalitas, oleh karena itu pemerintah senantiasa memfasilitasi untuk legalitas dan standardisasi produk. Itu seperti uji nutrisi, BPOM, sertifikasi halal, HACCP maupun sertifikasi lainnya.

Baca Juga : Dorong Kurikulum Jaminan Sosial di Pendidikan Menengah dan Tinggi, Dua BPJS Bersinergi Gelar Webinar

Sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo tentang 40% APBD untuk belanja produk lokal, Ning Ita menyampaikan bahwa Kota Mojokerto sudah menganggarkan sebesar 68,14%. 

Sedangkan untuk pendaftaran di e-katalog dari 73 UMKM sudah 60 UMKM yang masuk proses entri, 3 penyedia sudah terdaftar di e-katalog Provinsi Jawa Timur dan 10 penyedia sudah terdaftar dalam e-katalog Kota Mojokerto.

Disamping Ning Ita, turut menjadi pembicara dalam forum ini adalah Direktur Perencana Teknis Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Adityawarman; Wali Kota Padang Panjang, Fadly Aman, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Denpasar, I Dewa Made Agung, Deputi Bidang Monitoring-Evaluasi dan Sistem Informasi LKPP, Gatot Pambudhi Poetranto; serta Sekjen Komunitas Sahabat UMKM, Faisal Hasan Basri.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abdullah M

Editor

A Yahya