PPDB SMA/SMK Kota Kediri Dibuka, Berikut Tata Cara Pengambilan PIN | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

PPDB SMA/SMK Kota Kediri Dibuka, Berikut Tata Cara Pengambilan PIN

Jun 03, 2022 10:23
Aktivitas pelajar di salah satu SMA di Kota Kediri.(foto : istimewa)
Aktivitas pelajar di salah satu SMA di Kota Kediri.(foto : istimewa)

JATIMTIMES - Memasuki tahun ajaran baru 2022, tahapan penerimaan peserta didik baru (PPDB) telah dibuka. Kali ini giliran jenjang SMA/SMK yang membuka pendaftaran. 

Nantinya jalur pendaftaran SMA/SMK akan dibuka dalam tahapan berbeda sesuai jadwal. Dan mulai Kamis (2/6) adalah waktu untuk pengambilan PIN bagi para calon pendaftar dan akan berlangsung hingga 18 Juni mendatang. 

Baca Juga : Gelar Rakor Smart City, Pemkot Kediri Fokuskan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik

Chairul Effendi, kasi PMA dan PK-PLK Cabdin Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri, menjelaskan secara detail tata cara pengambilan PIN PPDB Jatim SMA-SMK 2022 bagi lulusan Jatim 2022 sebagai berikut:

Pertana, calon pendaftar bisa Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan nomor pokok sekolah nasional (NPSN) sekolah asal, NISN, dan tanggal lahir; Selanjutnya, calon pendaftar akan diarahkan untuk mengisi data dan mengunggah kartu keluarga (KK) dan/atau surat keterangan domisili. Dilanjut menentukan titik lokasi rumah. Terakhir, data akan diverifikasi oleh operator dan setelah 2-3 hari, pendaftar bisa login kembali untuk mengunduh PIN. 

“KK diperlukan untuk mengetahui alamat rumah karena nanti saat anak-anak mengambil PIN akan ditentukan titik rumahnya. Nanti setelah mendapatkan PIN, peserta didik tinggal menunggu proses selanjutnya yaitu pendaftaran,” terang Chairul.

Ditanya lebih lanjut terkait persiapan pendaftaran, Chairul mengatakan Cabdindik Provinsi Jatim Wilayah Kota dan Kabupaten Kediri beberapa waktu yang lalu telah melaksanakan sosialisasi PPDB SMA/SMK ke kepala sekolah tingkat SMP/MTs, baik negeri maupun swasta. Dirinya juga sudah membuat grup operator sekolah guna mengantisipasi jika ditemukan permasalahan saat praktik di lapangan. 

“Kami dudah berupaya. Mudah-mudahan masyarakat tidak kesulitan untuk mengambil PIN. Jika nantinya ada kesulitan, bisa langsung kita diskusikan lewat grup atau calon pendaftar bisa segera menghubungi nomor HP 082244005792 (Yazid),” jelasnya.

Baca Juga : Kader Muhammadiyah Ditangkap KPK, Kena OTT Perkara Suap

Ditekankan Chairul, anak-anak perlu hati-hati dalam menentukan titik rumahnya. Sekolah SMP/MTs baik negeri/swasta bisa membantu anak-anak untuk mengambil PIN, terutama saat menentukan titik rumahnya. 

“Kami sudah menyarankan saat sosialisasi mungkin sekolah bisa membuat jadwal untuk membantu anak-anak mengambil PIN.  Kalau salah menentukan titik rumah, akan menjadi kerugian bagi anak-anak karena jaraknya akan jauh ke sekolah yang dituju,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
PPDB SMA/SMK PPDB SMA/SMK Kota Kediri

Berita Lainnya