01/02/2023 Pasar Hewan Boleh Buka, Bupati Sanusi: Arahan Gubernur asalkan di Wilayah yang Zero PMK | Jatim TIMES

Pasar Hewan Boleh Buka, Bupati Sanusi: Arahan Gubernur asalkan di Wilayah yang Zero PMK

Jun 01, 2022 19:17
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi.(Foto: Riski Wijaya/MalangTIMES).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pasar hewan di Kabupaten Malang masih tutup sesuai surat edaran bupati terkait menyebarnya penyakit mulut dan kuku (PMK). Namun, kini Bupati Malang Sanusi ancang-ancang membuka pasar hewan setelah berkonsultasi dengan gubernur Jatim.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum nantinya pasar hewan benar-benar boleh  dibuka. Salah satunya adalah memastikan wilayah yang terdapat pasar hewan zero PMK. Hal tersebut juga masih dikomunikasikan secara intensif dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur.

Baca Juga : Pria di Selorejo Blitar Gantung Diri Setelah Terjerat Kasus Asusila, Korban Hamil 7 Bulan

"Arahannya Bu Gubernur (Khofifah Indar Parawansa), boleh buka yang wilayahnya zero PMK," ujar Sanusi.

Selain itu, Sanusi  masih menyiapkan sejumlah skema untuk memastikan bahwa ternak yang diperbolehkan masuk pasar hewan nantinya dalam kondisi sehat. Sementara itu, berdasarkan catatan terakhir yang diterima JatimTIMES dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Malang, jumlah ternak yang terindikasi PMK sebanyak 1.696 ekor.

"Yang boleh masuk pasar hewan nanti, yang ternaknya sehat. Arahannya Bu Gubernur juga untuk menyiapkan satgas dalam rangka itu. Dan jumlah ternak terbanyak terindikasi PMK itu di Ngantang, Kasembon, dan Pujon," terang Sanusi.

Sebelumnya, hal senada juga disampaikan oleh Plt Kepala DPKH Kabupaten Malang Nurcahyo. Ia mengatakan, sebelum benar-benar dibuka, pasar hewan tersebut akan diuji coba terlebih dahulu. Tentu dengan semacam protokol kesehatan (prokes).

"Tapi kita lihat perkembangannya lagi. Kalau misalnya tambah banyak, ya tidak berani. Rencana uji coba sudah rakor dengan semua stakeholder kita undang. Jadi, nunggu evaluasi dan kita rumuskan seperti itu kan," ujar Nurcahyo.

Baca Juga : Warga NU Diperbolehkan Berkarir Politik, Asalkan

Berdasarkan laporan yang ia terima, dari sekitar 16 pasar hewan di Kabupaten Malang yang aktif beroperasi, kurang lebih ada empat hingga lima pasar yang akan diujicoba untuk buka. Salah satu syaratnya sementara ini adalah jumlah sebaran PMK di wilayah pasar hewan itu di bawah 30 ekor.

"Pokoknya di wilayah tersebut yang terindikasi masih kecil. Di bawah 30 (ekor ternak) bisa dilakukan uji coba pembukaan dengan pengawasan ketat. Rencananya di Gondanglegi, Dampit, Kepanjen, Sumberpucung. Yang kelola pasar hewan itu kan Disperindag. Informasinya ada 16 pasar hewan," pungkas Nurcahyo.

Judul berita Pasar Hewan Boleh Buka, Bupati Sanusi: Arahan Gubernur asalkan di Wilayah yang Zero PMK.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pasar hewan pmk ternak

Berita Lainnya