06/12/2022 DPRD Kabupaten Blitar Dorong Petani Tembakau Bertani Go Organik | Jatim TIMES

DPRD Kabupaten Blitar Dorong Petani Tembakau Bertani Go Organik

Jun 08, 2022 19:57
Dispertapa Kabupaten Blitar memberi petani tembakau pembekalan pembuatan nutrisi organik.
Dispertapa Kabupaten Blitar memberi petani tembakau pembekalan pembuatan nutrisi organik.

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Kalangan wakil rakyat di DPRD Kabupaten Blitar mendukung penuh langkah Pemkab Blitar melalui Dinas Pertanian dan Pangan yang melaksanakan programnkaji terap tembakau varietas lokal khas Blitar. Salah satu kegiatan dari program ini adalah pelatihan dan pembinaan pembuatan nutrisi organik dan pestisida nabati.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar Suwito menilai langkah Dispertapa mengajak petani tembakau untuk go organik merupakan langkah yang tepat. Menurut dia, sudah saatnya petani di KabupatenBlitar beralih dari pupuk subsidi ke pupuk organik. Pasalnya, saat ini di Jatim mengalami kelangkaan pupuk subsidi.

Baca Juga : Raih WTP Secara Berturut-turut, Banggar DPRD Apresiasi Kinerja Pemkot Mojokerto

 

‘’Kebijakan dari pemerintah pusat adalah mengurangi alokasi pupuk bersubsidi. Kelangkaan pupuk bersubsidi saat ini merupakan kondisi yang wajar. .Oleh sebab itu, mengajak petani untuk go organik merupakan langkah yang tepat,’’ kata Suwito.

 Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut menambahkan, pupuk organik selain memangkan biaya produksi pertanian juga secara otomatis akan membawa dampak baik bagi lingkungan. Tanah menjadi lebih subur dan ekosistem lingkungan akan terjaga kelestarianya.

”Kalau menggunakan pupuk organik, tentunya kondisi tanah pertanian bisa subur dan tentunya akan menguntungkan petani keseluruhan. Dan juga keseimbangan ekosistem terjaga, alam akan lestari,’’ tandas Suwito.

Diberitakan sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dispertapa) semakin serius membangkitkan tembakau lokal khas Blitar yang pernah mendunia. Upaya tersebut di antaranya diwujudkan dengan melaksanakan kaji terap tembakau yang tahun ini dipusatkan di Kelurahan Talun, Kecamatan Talun, dan Kelurahan Tangkil, Kecamatan Wlingi.  

Baca Juga : Nyalakan Tungku Lalu Ditinggal Ngobrol, Dapur Rumah Warga Srengat Blitar Ludes Terbakar

 

Beberapa kegiatan digelar dalam kaji terap ini. Di antaranya pelatihan pembuatan nutrisi organik. Dalam pelatihan ini Dispertapa Kabupaten Blitar bekerja sama dengan P4S Alam Lestari sebagai narasumber pelatihan. Kegiatan ini berlangsung sukses dengan diikuti penuh semangat oleh peserta pelatihan dari kalangan petani tembakau.

Selain pembuatan nutrisi, dalam pelatihan ini, petani juga diberikan pembekalan pengetahuan tentang hama penyakit. Materi ini disampaikan langsung oleh pemateri dari Balittas Malang. Sama seperti materi sebelumnya, selain diberikan paparan materi, para petani juga diajak langsung untuk praktik pembuatan pestisida nabati. (Adv/Kmf)

Judul berita DPRD Kabupaten Blitar Dorong Petani Tembakau Bertani Go Organik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pupuk organik dispertapa kabupaten blitar

Berita Lainnya