Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Pecahkan Rekor Muri Peserta Terbanyak, Senam Sicita di Tulungagung Diikuti Ratusan Peserta

Penulis : Muhamad Muhsin Sururi - Editor : Yunan Helmy

20 - May - 2022, 15:11

Placeholder
Senam Sicita di GOR Lembu Peteng Tulungagung. Jumat, 20/5/2022. (Foto: Hendi for TulungagungTIMES)

JATIMTIMES - Bertepatan dengan peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-114, PDI Perjuangan memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) dengan peserta terbanyak dalam Senam Indonesia Cinta Tanah Air (Sicita) Tahun 2022, yang digelar secara daring dan luring atau hybrid, Jumat (20/5/2022)

Secara luring, Sicita dipusatkan di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, dan diikuti sejumlah daerah secara bersamaan. Di Kabupaten Tulungagung, Sicita digelar di GOR Lembu Peteng dan diikuti oleh 492 peserta.

Baca Juga : PDIP Banyuwangi Ajak Masyarakat Cinta Tanah Air melalui Sicita

Ketua DPC PDIP Tulungagung Susilowati mengatakan, pelaksanaan Sicita masih dalam rangka HUT partainya yang ke-49. Untuk kali ini, karena ingin pecahkan rekor Muri, Sicita dilaksanakan secara hybrid dan serentak seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah Tulungagung yang ditarget 200 peserta tapi peserta yang ikut ada 492. Tetapi karena banyak yang trouble secara teknis, yang bisa masuk zoom hanya 100 an lebih," kata Susi usai acara.

Tingginya partisipasi peserta dikarenakan Tulungagung pernah menggelar lomba senam Sicita, sehingga masyarakat sudah familiar dengan senam itu. Selain itu, dukungan dari struktural partai dan Perwosi Tulungagung juga membantu suksesnya acara.

"Biarpun persiapannya mepet, tetapi bisa maksimal. Secara tidak langsung, ini dampak dari adanya lomba senam sicita yang pernah diadakan di Tulungagung," ungkapnya.

Tujuan lomba Sicita yang pernah dilakukan adalah untuk menyosialisasikan dan memperkenalkan Sicita yang digagas PDIP kepada masyarakat. Sedangkan memecahkan rekor Muri bertepatan dengan peringatan Harkitnas Ke-114 merupakan perintah dari pusat yang sudah dikonsep sebelumnya.
 
Tak hanya itu. Sicita nantinya juga akan dijadikan program kerja partai, khususnya di Tulungagung. Paling tidak akan dimulai dari pengurus tingkat kecamatan agar melakukan kegiatan senam di wilayah masing-masing secara rutin.

"Harapkan kami, selain sebagai edukasi kebangsaan, Sicita yang digagas PDIP ini juga bisa dijadikan media kampanye kesehatan masyarakat dan meraup pemilih pada pemilu berikutnya," tutupnya.

Baca Juga : Temukan Akta Tanah Palsu, LSM Mayapadas Layangkan Pengaduan ke Mapolres Jember

Sekretaris DPC PDIP Tulungagung Sodik Purnomo menambahkan,  politik atau partai politik hakikatnya tidak melulu bicara kekuasaan. tetapi lebih jauh harus bicara hal-hal yang menyentuh masyarakat. Salah satunya adalah kegiatan Sicita.

"Sicita dalam hal ini bentuk kesadaran berpolitik atau berpartai untuk ikut serta membangun kesadaran masyarakat tentang pentingnya kesehatan," kata Sodik.

Terkait dengan rekor Muri sScita bertepatan dengan peringatan Harkitnas ke-114, korelasinya adalah kegiatan senam yang di dalamnya ada unsur gerak yang seragam merupakan cerminan untuk bangkit dan menjalankan semangat kabangkitan nasional dengan cara membangun kesadaran bersama untuk bergerak dengan satu tujuan.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Muhamad Muhsin Sururi

Editor

Yunan Helmy