Belum Genap Satu Bulan Digunakan, Jembatan Gantung Gladak Perak Ditutup Karena Longsor | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Belum Genap Satu Bulan Digunakan, Jembatan Gantung Gladak Perak Ditutup Karena Longsor

May 12, 2022 10:38
Petugas mengevakuasi batu yang menutup  jalur menuju jembatan gantung. (foto: Teguh Eko Januari - JatimTimes) ada
Petugas mengevakuasi batu yang menutup jalur menuju jembatan gantung. (foto: Teguh Eko Januari - JatimTimes) ada

JATIMTIMES- Belum genap satu bulan dibuka untuk umum, jembatan gantung Gladak Perak Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro kembali ditutup.  

Penutupan jembatan gantung ini akibat tebing di dekat pintu masuk jembatan longsor Rabu siang kemarin (11/5). 

Baca Juga : PPKM Diperpanjang, Kota Batu Bertahan Level 2 Nihil Kasus Aktif Covid-19 

 

Kapolsek Candipuro AKP Sajito, mengungkapkan bahwa situasi di jalan menuju jembatan tersebut hingga kini masih rawan longsor disertai guguran batu besar, karena itu diharapkan semua pengguna jalan agar waspada.

"Ada dua titik longsoran di sebelah Utara jembatan, kalau kita lihat situasinya ini masih rawan untuk pengguna jalan," ujarnya 

Sementara itu Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lumajang, Joko Sambang menegaskan bahwa penutupan jembatan gantung tersebut adalah kewenangan dari Dinas PU Provinsi Jatim. Namun ia membenarkan adanya penutupan tersebut.

"Sampai sekarang masih ditutup dalam batas waktu yang tidak ditentukan," ungkapnya.

Joko Sambang menyebutkan bahwa sepanjang jalan sebelum dan sesudah jembatan gantung memang masuk peta rawan longsor dan pohon tumbang. 

Baca Juga : Tak Jauh Beda dengan Hotel, Okupansi Vila di Kota Batu Tembus 75 Persen 

 

"Terlebih saat cuaca hujan, ini harus diwaspadai, diatas masih banyak batu besar yang sewaktu waktu bisa runtuh,' terangnya.

Akibat penutupan ini warga Lumajang yang akan menuju wilayah Malang kembali harus melewati jalur darurat Curah Kobokan. Namun jalur ini juga tidak disarankan dalam cuaca hujan karena rawan banjir.

"Jika melintas di Curah Kobokan, pastikan di daerah gunung Semeru tidak hujan karena banjir besar bisa datang tiba-tiba," pungkasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
jembatan gladak perak jembatan gantung gladak perak

Berita Lainnya