10/12/2022 Jadi Prioritas, Kementerian PUPR Segera Permak Jalan di Pakis | Jatim TIMES

Jadi Prioritas, Kementerian PUPR Segera Permak Jalan di Pakis

May 07, 2022 18:55
Perbaikan jalan yang dilakukan di sekitar Kecamatan Pakis.(Foto: Istimewa).
Perbaikan jalan yang dilakukan di sekitar Kecamatan Pakis.(Foto: Istimewa).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) berencana melakukan peningkatan kualitas jalan di sekitar Desa Bunut Wetan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tepatnya di sekitaran pintu exit tol.

Sebagai informasi, di sekitar jalan tersebut terdapat dua exit tol. Yakni exit tol Pakis Kabupaten Malang dan Exit Tol Madyopuro yang masuk kota Malang. 

Baca Juga : Menag Gus Yaqut: Kita Berharap 2023 Haji Kembali Normal untuk Semua Usia

Peningkatan tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan kesan timpang pada kualitas jalan pada jalur bebas hambatan dengan ruas jalan di luar exit tol. Rencananya, Pemerintah Pusat juga akan mengucurkan sejumlah anggaran. 

"Sasarannya jalan sekitar luar exit tol Madyopuro dan Bunut Pakis. Akan ada pelebaran peningkatan menuju ke standar exit tol,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga (DPUBM) Kabupaten Malang, Romdhoni.

Romdoni menyebut, proyek itu memang pekerjaan lintas daerah antara Kota dan Kabupaten Malang. Ia merinci, peningkatan jalan ini akan dimulai dari Kalisari Pakis.

Setelah itu, peningkatan jalan itu bakal sampai masuk ke arah Madyopuro sebagai exit tol. Termasuk jalan Ki Ageng Gribig yang juga mendapat peningkatan. Bahkan, peningkatan tersebut mengarah juga sampai ke perempatan Rampal Kota Malang.

“Itu peningkatan, perluasan dan pelebaran jalan. Termasuk pengerasan jalan, agar standar kuat menahan tonase dan kuantitas kendaraan yang lalu lalang di situ. Ini meningkatkan kapasitas daya dukung jalan supaya seimbang dengan exit tol. Dan memang proyeknya lintas daerah kabupaten dan kota, bantuan kementerian,” terang Romdhoni.

Menurut Romdhoni, sasaran utama proyek dari Pemerintah Pusat ini memang ada di Kecamatan Pakis. Terutama di sekitar kawasan Bunut. Untuk itulah ia menyebut bahwa dalam hal ini, jalan di sekitar exit tol Kabupaten Malang menjadi prioritas. Mengingat kondisi di ruas jalan tersebut dinilai perlu mendapat peningkatan dan perluasan. 

Baca Juga : Hujan Intensitas Tinggi, Dua Banjir Lumpur Landa Tulungrejo Kota Batu

“Kondisinya paling butuh di Kabupaten di Madyopuro Bunut. Jatuhnya Exit tol Pakis, koneksi peningkatan di exit tol kota,” imbuh Romdhoni.

Saat ini, hal tersebut masih dalam proses lelang di tingkat Kemen PUPR. Menurutnya, jika proses lelang berjalan lancar, ia memperkirakan bahwa pekerjaan tersebut dapat berlangsung pada 2022 ini. 

“Pertengahan tahun sudah lelang fisik. Kami belum tahu pastinya, tetapi info yang kami terima dari Kementerian PUPR, nilai pagunya Rp 150 Miliar,” pungkas Romdhoni. 

Judul berita Jadi Prioritas, Kementerian PUPR Segera Permak Jalan di Pakis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
peningkatan jalan raya Kementerian pupr

Berita Lainnya