27/11/2022 306 WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Malang Diusulkan Mendapat Remisi Khusus Idul Fitri | Jatim TIMES

306 WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Malang Diusulkan Mendapat Remisi Khusus Idul Fitri

May 01, 2022 18:00
Para WBP Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Malang saat mengikuti rangkaian kegiatan pondok Ramadan beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. JatimTIMES)
Para WBP Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Malang saat mengikuti rangkaian kegiatan pondok Ramadan beberapa waktu lalu. (Foto: Dok. JatimTIMES)

Pewarta: Tubagus Achmad | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Pada momentum Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Kelas IIA Malang mengusulkan 306 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam untuk mendapatkan remisi atau pemotongan masa hukuman.  

Kepala Lapas Perempuan Kelas IIA Malang Tri Anna Aryati mengatakan, sebanyak 306 WBP diusulkan untuk mendapatkan remisi khusus tersebut masing-masing memiliki kategori yang berbeda karena mengacu pada aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Baca Juga : 6 Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-oleh di Kota Malang, Ada yang Legendaris

"Untuk usulan (Remisi Khusus Idul Fitri) total 306 WBP," ungkap Tri Anna kepada JatimTIMES.com, belum lama ini. 

Dari 306 WBP, terdapat pembagian tiga kategori dalam pengusulan WBP yang akan mendapatkan Remisi Khusus Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah. Yakni sebanyak 107 WBP masuk dalam kategori normal. 

Kemudian, sebanyak satu orang mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2006 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat Dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan. 

Lalu sebanyak 198 WBP yang diusulkan mendapatkan remisi mengacu pada PP Nomor 99 Tahun 2012 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 1999 Tentang Syarat dan Tata Cara Pelaksanaan Hak Warga Binaan Pemasyarakatan.

Pihaknya pun merinci terkait 306 WBP yang diusulkan mendapatkan remisi. Untuk 107 WBP yang masuk kategori normal, di antaranya sebanyak 24 orang diusulkan mendapat remisi 15 hari; 66 orang 1 bulan; 10 orang 1 bulan 15 hari; serta 7 orang 2 bulan. 

Kemudian, untuk 1 WBP yang masuk kategori PP Nomor 28 Tahun 2006 diusulkan mendapatkan remisi 1 bulan 15 hari. Lalu untuk 198 WBP yang masuk kategori PP Nomor 99 Tahun 2012, di antaranya 12 orang diusulkan mendapatkan remisi 15 hari; 161 orang 1 bulan; 18 orang 1 bulan 15 hari; serta 7 orang 2 bulan. 

Baca Juga : Macam-Macam Sikap Sabar serta Keutamaannya dalam Islam

"Setelah salat id baru kita melakukan pembacaan remisi. Harapan kita seperti itu (yang diusulkan semua mendapat remisi)," terang Tri Anna.

Sementara itu, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasi Binadik) Lapas Perempuan Kelas IIA Malang Sri Witayanti mengatakan, dari 498 WBP yang berada di Lapas Perempuan Kelas IIA Malang hanya 306 WBP yang diusulkan mendapatkan remisi. Sedangkan sebanyak 192 WBP tidak diusulkan untuk mendapatkan remisi. 

Perempuan yang akrab disapa Wita ini menyebutkan, terdapat tiga persyaratan umum agar WBP masuk dalam kategori usulan remisi. "Berkelakuan baik, menjalani masa pidana minimal 6 bulan dan untuk (WBP) tipikor (tindak pidana korupsi) wajib bayar denda dan UP (uang pengganti)," tandas Wita. 

Sebagai informasi, saat ini di dalam Lapas Perempuan Kelas IIA Malang total terdapat 498 WBP ditambah dua bayi. Untuk rincian 498 WBP tersebut, sebanyak 474 orang berstatus narapidana dan 24 orang sebagai tahanan. 

Judul berita 306 WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Malang Diusulkan Mendapat Remisi Khusus Idul Fitri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
lapas perempuan kelas II a malang lapas perempuan malang

Berita Lainnya