27/01/2023 Tak Ada yang Tahu, 5 Perkara Gaib Ini Hanya Allah yang Tahu | Jatim TIMES

Tak Ada yang Tahu, 5 Perkara Gaib Ini Hanya Allah yang Tahu

May 01, 2022 07:27
Ilustrasi hal ghaib yang hanya diketahui oleh Allah (Ist)
Ilustrasi hal ghaib yang hanya diketahui oleh Allah (Ist)

Pewarta: Anggara Sudiongko | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Terdapat lima perkara gaib yang hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Lima hal ini diterangkan jelas dalam ayat Al-Qur'an. Rasulullah SAW dalam sebuah hadis menjelaskan tentang lima perkara ini. Lantas apa saja perkara itu, simak penjelasannya berikut ini, diolah dari channel Tafakkur Fiddin. 

“Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha mengetahui, Maha mengenal’."(QS Luqman ayat 34).

Baca Juga : Ketersediaan ASN Pemkab Malang Minim, BKPSDM: Kualitasnya Kita Tingkatkan

Lima perkara itu yang pertama, Allah lah yang mengetahui 
kapan waktu terjadinya kiamat. Di antara banyaknya mahluk ciptaan Allah, tidak satupun mereka mengetahui datangnya hari kiamat. Bahkan termasuk para nabi maupun rasul-Nya.

Allah berfirman, dalam Surah Al A'raf ayat 187, “Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang (hari kiamat) ada pada Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui".

Bukan hanya itu, kapan waktu turunnya hujan, juga hanya Allah lah yang mengetahui. Semua makhluknya, termasuk Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga tidak mengetahui pasti kapan turunnya hujan. BMKH hanya mampu sebatas memperkirakan.

Para malaikat pun juga tidak mengetahui kapan turunnya hujan, kecuali setelah Allah memerintahkan hal itu kepada para malaikat.

Ketiga, Allah yang mengetahui apa yang ada di dalam rahim. Meskipun saat ini era kemajuan teknologi berkembang pesat, dimana terdapat teknologi USG untuk melihat kandungan dan dapat mengetahui jenis kelamin, tetap saja terdapat keterbatasan kemampuan. Seorang dokter tentunya tidak mampu menyaingi kekuatan Allah dan mengetahui yang gaib. 

Mungkin di zaman teknologi ini dokter dapat mengetahui tentang jenis kelamin anak yang dikandung seorang perempuan. Namun, yang diketahui oleh dokter tidak sampai tahap mengetahui yang gaib, hanya sebatas prediksi saja. Seperti saat ditiupkannya ruh pada janin.

Baca Juga : Hidden Gem yang Bisa Dijadikan Tempat Piknik Bersama Keluarga setelah Lebaran

Keempat, hanya Allah yang dapat mengetahui apa yang dikerjakan makhluknya keesokan harinya. Seseorang mungkin tidak akan pernah mengetahui apa yang ia kerjakan besok. Tetapi Allah maha mengetahui segalanya , sehingga Allah mengetahui apa yang akan dikerjakan oleh seorang besok secara detail, baik dalam hal rezeki dan yang lainnya.

Kelima, satu hal lagi adalah hal yang hanya Allah yang mengetahui. Hal tersebut adalah kematian. Kematian adalah sebuah misteri yang tak ada satupun manusia yang tau. Bahkan para malaikat pun juga tidak mengetahui. Para malaikat baru mengetahui hal tersebut setelah Allah memerintahkan malaikat untuk mencabut nyawa manusia.

 

Judul berita Tak Ada yang Tahu, 5 Perkara Gaib Ini Hanya Allah yang Tahu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Allah SWT kemuliaan allah

Berita Lainnya