6 Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-oleh di Kota Malang, Ada yang Legendaris | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

6 Rekomendasi Tempat Berburu Oleh-oleh di Kota Malang, Ada yang Legendaris

May 04, 2022 12:45
Pusat oleh-oleh Khas Malang Lancar Jaya yang berlokasi di Jalan R. Tumenggung Suryo Nomor 86, Kota Malang. (Foto: Instagram @lancarjayakeripikmalang)
Pusat oleh-oleh Khas Malang Lancar Jaya yang berlokasi di Jalan R. Tumenggung Suryo Nomor 86, Kota Malang. (Foto: Instagram @lancarjayakeripikmalang)

JATIMTIMES - Setelah berwisata di Kota Malang, tak lengkap rasanya jika kembali ke daerah asal tanpa membawa buah tangan atau oleh-oleh khas Kota Malang.

Oleh-oleh khas dari suatu daerah tujuan wisata, terkadang dikonsumsi untuk wisatawan itu sendiri. Namun, tidak sedikit para wisatawan yang membeli oleh-oleh diperuntukkan bagi sanak saudara atau teman di daerah tempat tinggal.

Baca Juga : Hidden Gem yang Bisa Dijadikan Tempat Piknik Bersama Keluarga setelah Lebaran

Kota Malang sendiri selain dikenal sebagai kota pendidikan, juga dikenal dengan berbagai macam kulinernya yang khas. Mulai makanan dan minuman berat, hingga jajanan ringan yang kerap kali menjadi oleh-oleh wisatawan untuk sanak keluarga.

Berikut ini enam rekomendasi tempat berburu oleh-oleh di Kota Malang yang berhasil dirangkum oleh JatimTIMES.com. Mulai dari olahan keripik, pia hingga kue bolu kekinian.

1. Lancar Jaya

Lancar Jaya.

Lancar Jaya merupakan pusat oleh-oleh khas Malang yang siap melayani pengiriman ke seluruh dunia. Terletak di Jalan R Tumenggung Suryo, Toko Lancar Jaya selalu menjadi jujugan wisatawan dalam negeri maupun luar negeri ketika berkunjung ke Kota Malang.

Deretan olahan keripik pun tersaji dalam kemasan rapi di dalam etalase Toko Lancar Jaya. Mulai dari keripik buah, keripik tempe, keripik sayuran, keripik usus ayam, keripik ceker ayam, keripik paru, keripik belut, keripik tahu pong, keripik bakso, keripik ketela ungu, carang mas, ting ting jahe, keripik singkong lumba-lumba, rengginang lorjhu, kue manco, dodol apel, hingga minuman sari buah.

Yang terkenal di Toko Lancar Jaya ini adalah olahan rasa keripik tempenya. Mulai dari rasa original, pedas manis, jagung manis, barbeque, ayam bakar, lada hitam, udang pedas manis. Hal itu dikarenakan Toko Lancar Jaya juga berada di kawasan Sentra Industri Tempe Sanan.

Harga yang dibanderol untuk beragam oleh-oleh di Lancar Jaya pun beragam, mulai di harga Rp 6 ribu hingga Rp 31 ribu. Harga tersebut tergantung varian oleh-oleh yang akan dibeli oleh wisatawan.

2. Pia Mangkok

Pia mangkok.

Siapa bilang mencari jajanan pia harus ke Yogyakarta? Ternyata di Kota Malang, yang terkenal dengan ragam kulinernya juga memiliki pia khas Kota Malang.

Camilan yang terbuat dari tepung ini menjadi salah satu pilihan favorit wisatawan saat berkunjung ke Kota Malang. Selain karena ringan untuk dikonsumsi, banyak juga varian isi yang dihadirkan.

Pia khas Kota Malang ini terkenal dengan nama Pia Mangkok yang berdiri sejak tahun 1959. Cita rasa yang dipertahankan sejak dulu, membuat Pia Mangkok menjadi oleh-oleh wajib wisatawan jika berkunjung ke Kota Malang.

Pia Mangkok yang awal dibuatnya pada tahun 1959 hanya memiliki satu rasa yakni kacang hijau, kini Pia Mangkok hadir dengan berbagai varian rasa. Mulai dari rasa kacang hijau, cokelat, keju, tangkwee, durian, kopi, green tea dan apel.

Selain itu, Pia Mangkok juga tersedia dalam berbagai pilihan kemasan. Mulai dari kemasan isi 5, 12 hingga 25. Harga yang dipatok untuk Pia Mangkok pun beragam, mulai dari harga Rp 18 ribu hingga Rp 40 ribu. Hal itu tergantung kemasan dan rasa yang dipilih.

Hingga kini, toko oleh-oleh khas Malang ini ini telah memiliki lima outlet resmi. Di antaranya, di Jalan Semeru, Ruko Grand Soekarno-Hatta, Jalan Villa Tidar Indah, Jalan Galunggu dan di Toko Oleh-oleh Sensa Jalan Randu Agung Singosari.

3. Bluder Larisindo

Bluder larisindo.

Sejenis roti dengan penampakan mengembang serta tekstur yang empuk, bisa menjadi pilihanmu membeli oleh-oleh di Kota Malang. Bluder Larisindo, bisa ditemukan di Jalan Tumenggung Suryo dan di Jalan Perusahaan Raya Karanglo.

Rasanya yang menggoyang lidah cocok untuk dinikmati bersama keluarga, dari anak-anak hingga dewasa. Tekstur yang empuk dan mengenyangkan cocok untuk suguhan di momentum Lebaran 2022.

Selain itu, berbagai macam varian rasa juga tersaji dalam setiap kemasan Bluder Larisindo. Mulai dari bluder original, rasa cokelat, keju, smoke beef, kismis hingga cokelat keju. Harga yang dibanderol pun cukup bersaing dengan produk bluder lainnya, yakni mulai harga Rp 74 ribu hingga Rp 124 ribu tergantung kemasan dan jumlah isi Bluder Larisindo dalam satu kotak.

4. Bolu Malang Singosari

Bolu Malang singosari

Bolu Malang Singosari resmi diluncurkan sejak tahun 2018. Berbahan dasar produk lokal Malang, Bolu Malang Singosari hadir dalam bentuk kue bolu kukus bertekstur lembut.

Cita rasa yang disuguhkan Bolu Malang Singosari pun autentik. Mulai dari rasa telo ungu, cokelat, susu, apel malang, strawberry, green tea, pandan ketap, kayu manis, nastar telo madu. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Mulai dari Rp 20 ribuan aja.

Bolu Malang Singosari ini memiliki outlet resmi di Jalan Perusahaan Raya dan Jalan Soekrno Hatta. Selain itu, telah banyak mitra Bolu Malang Singosari yang tersebar di Malang Raya. Setidaknya terdapat 28 gerai mitra dari Bolu Malang Singosari. Tak salah jika Bolu Malang Singosari menjadi salah satu pilihan oleh-oleh wajib wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang.

5. Lapis Tugu Malang

Lapis Tugu Malang.

Lapis Tugu Malang merupakan pilihan berburu oleh-oleh khas Kota Malang bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Malang. Lapis Tugu Malang sendiri dibuat dari bahan-bahan pilihan yang menjadikan rasa dari Lapis Tugu Malang digemari oleh banyak kalangan masyarakat.

Dengan adonan dari bahan-bahan pilihan, tekstur yang dihasilkan dari Lapis Tugu Malang berserat lembut. Hal ini membuat Lapis Tugu Malang unggul dalam rasa. Terdapat empat rasa autentik dari Lapis Tugu Malang yakni Chocopandan, Original, Brownies Cokelat dan Brownies Keju.

Namun, seiring berjalannya waktu, Lapis Tugu Malang terus mengeluarkan varian-varian rasa terbaru. Di antaranya rasa Avocado, Talas keju, Brownies Susu, Brownies Tiramisu, durian, Black forest, hingga ting-ting kacang. Harga yang dipatok mulai Rp 27 ribu hingga Rp 35 ribu an saja.

Baca Juga : Bosda Bagi Sekolah Swasta dan Madrasah di Kabupaten Malang masih Samar

Kalian bisa dapatkan Lapis Tugu Malang di empat outlet resminya yakni di Jalan Kawi Atas, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Raya Tlogomas, Jalan Panglima Sudirman Batu. Lalu Lapis Tugu Malang juga bisa didapatkan di 16 agen dan 40 outlet mitra resmi yang tersebar di Malang Raya.

6. Malang Strudel

Malang strudel.

Malang Strudel yang awal kemunculannya pada tahun 2014 lalu dimotori oleh pasangan artis Teuku Wisnu dan Shireen Sungkar ini terus berkembang sampai saat ini. Malang Strudel juga menjadi rujukan wajib wisatawan untuk membeli oleh-oleh bagi keluarga. 

Malang Strudel merupakan kue berlapis yang terbuat dari pastry dengan isian ragam buah-buahan. Salah satu rasa yang autentik dari Malang Strudel adalah rasa apel. Menggunakan apel khas Malang, membuat cita rasa Malang Strudel bikin ketagihan.

Hingga kini, Malang Strudel yang mulanya terkenal dengan varian rasa apelnya, kini telah hadir dengan 31 varian rasa strudel. Selain itu, Malang Strudel juga memiliki menu baru berupa desert dengan enam varian rasa. Harga yang dipatok berkisar Rp 53 ribu hingga Rp 79 ribu.

Malang Strudel memiliki enam outlet resmi yang tersebar di Malang Raya. Mulai di Jalan Semeru, Jalan Soekarno Hatta, Jalan Ki Ageng Gribig, Jalan Diponegoro Batu, Jalan Sultan Agung Batu, Jalan Perusahaan Pergudangan Banjararum Singosari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Malang Oleh Oleh Khas Malang pusat oleh oleh malang oleh oleh malang

Berita Lainnya