Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Daya Beli Tinggi, Harga Daging Sapi di Pasar Reloksi Kota Batu Tembus Rp 125 Ribu per Kg

Penulis : Irsya Richa - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

27 - Apr - 2022, 19:22

Placeholder
Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko saat mengecek harga daging di Pasar Relokasi Stadion Brantas beberapa saat lalu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Mendekati Hari Raya Idul Fitri, beberapa kebutuhan mulai merangkak naik khususnya di Kota Batu. Beberapa kebutuhan seperti daging sapi merangkak mencapai Rp 125 ribu per kilogramnya.

Padahal jika dibandingkan dengan harga pada pekan kedua bulan Ramadan lalu, harga daging sapi masih di kisaran Rp 118 ribu per kilogram. Namun saat ini sudah naik mencapai Rp 7 ribu.

Baca Juga : Mau Yang "Kuburan" atau Lapindo, Mi Ayam Bledek dengan 13 Rasa Unik di Malang

Meski mengalami kenaikan, tetapi daya beli konsumen masih tinggi. Seperti yang diungkapkan pedagang daging sapi di Pasar Kota Batu, Latifah (43).

“Saya lihat daya belinya masih tinggi. Sehari saya bisa laku sampai 100 kilogram,” ucap Latifah. Selain daging sapi, daging ayam juga mengalami kenaikan jika sebelumnya di kisaran Rp 32 ribu, kini sudah mencapai Rp 38-40 ribu per kilogram.

Kenaikan itu terjadi kisaran pekan ketiga bulan Ramadan lalu. Setidaknya Latifah, jika hari biasa bisa menjual 50 kilogram per harinya, kini bisa mencapai 3 kali lipatnya yakni 100-150 kilogram per harinya.

Terpisah konsumen Pasar Kota Batu Sulistyowati menambahkan, menjelang Hari Raya Idul Fitri kebutuhan ayam maupun daging dibutuhkan untuk selamatan. Karena selamatan sudah tradisinya menjelang lebaran.

“Saya setiap tahun menjelang lebaran pasti selamatan. Pasti masak ayam dan daging untuk selamatan,” ucap Sulis.

Baca Juga : 10 Rekomendasi Tempat Kuliner Legendaris di Kota Malang, Wajib Dikunjungi saat Libur Lebaran

Meski harganya merangkak naik Sulis tetap membelinya karena kebutuhannya. Jika harga naik, tentu Sulis harus merogoh kocek agak dalam.

“Tapi setiap menjelang lebaran pasti harga komoditas kebutuhan pokok pasti naik, itu juga sudah disiapkan,” terang Sulis ibu dua anak ini.


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Sri Kurnia Mahiruni