Pastikan Mudik Aman, Dirlantas Polda Jatim Sidak Posyan Polres Lamongan | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pastikan Mudik Aman, Dirlantas Polda Jatim Sidak Posyan Polres Lamongan

Apr 24, 2022 17:26
Kombes Latif Usman saat menantau peta lalu lintas di Lamongan (foto: Istimewa)
Kombes Latif Usman saat menantau peta lalu lintas di Lamongan (foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Dalam rangka memberikan rasa aman bagi masyarakat yang mudik lebaran idul fitri 1443 H, Dirlantas Polda Jatim melakukan pengecekan kesiapan pos pelayanan Polres Lamongan, Minggu (24/4/2022).

Kunjungan yang dilakukan direktorat lalu lintas Polda Jatim yang dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Jatim Kombes Pol Latif Usman guna untuk memastikan mobilisasi pemudik aman dan lancar.

Baca Juga : 5 Negara Ini Disebut Paling Aman jika Terjadi Perang Dunia III, Ada Selandia Baru

"Hari ini kami mengecek jalur arteri yang akan dilintasi pemudik dan memastikan bahwa rekayasa jalan sudah disiapkan oleh pos jajaran apabila terjadi kemacetan," ungkap Kombes Latif.

Kasatlantas Polres Lamongan, Aristianto Budi Sutrisno memaparkan pos pelayanan yang dikunjungi yaitu pos pelayanan terminal Lamongan. Beberapa fasilitas yang disiapkan dari Pos ini diantaranya adalah ngopi gratis untuk pemudik, bengkel gratis untuk pemudik, serta gerai vaksin booster. Di samping pelayanan kepada masyarakat ada beberapa unggulan yang disiapkan Pos pelayanan terminal Lamongan dalam menghadapi lonjakan arus mudik.

Di antaranya adalah Panel Data Digital untuk memastikan kesiapan dan langkah yang harus dilakukan anggota, TMC (Traffic Management Center) berupa CCTV di daerah rawan macet, dan E-TMG (Electronic Tactical Map Game) merupakan rekayasa jalan apabila terjadi kemacetan yang disiapkan dalam bentuk digital.

"Tentunya dengan E-TMG ini bisa membantu proses rekayasa jalan untuk membantu kelancaran arus mudik dan ini (E-TMG) secara real time bisa melihat kepadatan arus lalu lintas karena terkoneksi langsung dengan google maps," tegas Kombes Latif.

Baca Juga : Sederet Tradisi Lebaran Unik di 12 Negara, di Turki Cuma Laki-Laki yang Salat Id di Masjid

Sementara itu, Kapolres Lamongan AKBP Miko Indrayana mengungkapkan bahwa pos pam dan posyan ini dibangun untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh pemudik.

"Kami terjunkan personel dengan pola KRYD (kegiatan rutin yang ditingkatkan) sebelum ops ketupat dimulai untuk memastikan masyarakat yang mendahului mudik bisa tetap terlayani keamanan dan kenyamanan di jalan," ujar Alumnus Akademi Kepolisian 2001 ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Polda Jatim Polres Lamongan inspirasi outfit refal hadi

Berita Lainnya