26/11/2022 Mudik Lebaran 2022 Melonjak Drastis, Ini Persiapan Pemerintah | Jatim TIMES

Mudik Lebaran 2022 Melonjak Drastis, Ini Persiapan Pemerintah

Apr 21, 2022 10:23
Ilustrasi arus mudik.(Foto: Istimewa).
Ilustrasi arus mudik.(Foto: Istimewa).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Kementerian Perhubungan memperkirakan bahwa arus mudik lebaran tahun 2022 ini bakal melonjak 40 persen, jika dibandingkan dengan volume mudik sebelum pandemi pada tahun 2019. Berdasarkan hasil survey Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemenhub, ada sebanyak 8,5 juta orang yang berencana mudik pada momen Lebaran tahun ini. 

Sepertinya, mudik Lebaran tahun 2022 ini menjadi momen yang ditunggu oleh masyarakat. Sebab sebelumnya, selama dua tahun Pemerintah terpaksa melarang masyarakat untuk mudik karena alasan pandemi Covid-19. 

Baca Juga : Simak, Berikut Waktu Utama Membayar Zakat Fitrah dan Jumlahnya

"Ini jumlahnya luar biasa. Dibandingkan dengan 2019 sebelum pandemi, itu naik 40 persen. Justru lebih banyak dari sebelum pandemi," kata Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati dilansir berbagai media belum lama ini. 

Selain itu, dirinya juga menyebut bahwa 50 persen dari pergerakan mudik, nantinya akan menggunakan transportasi darat. Baik umum maupun kendaraan pribadi roda dua atau roda empat. Tingginya potensi jumlah pemudik, menurutnya juga mendorong pemangku kebijakan memastikan keselamatan pemudik. Termasuk memastikan kesiapan sarana dan prasarana (sarpras). 

Tidak hanya keselamatan transportasi, pemerintah dan operator transportasi juga memastikan keselamatan masyarakat terkait dengan pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, syarat dan aturan perjalanan untuk mudik tahun ini disesuaikan dengan situasi pandemi.

Sementara itu sebelumnya, Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo mengajak masyarakat yang berencana melakukan perjalanan mudik pada moment Hari Raya Idul Fitri 1443 H ini untuk menghindari puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi pada tanggal 28-30 April 2022 mendatang. 

Baca Juga : Inilah 5 Amalan Sunah Idul Fitri sesuai Anjuran Nabi Muhammad SAW

Dikutip dari laman setneg.go.id, hal tersebut lantaran hasil survey yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bahwa akan ada sebanyak 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor yang akan digunakan masyarakat untuk mudik pada momen Lebaran tahun ini. 

Menurut Presiden jumlah tersebut merupakan angka yang cukup besar. Dan dirinya memperkirakan bakal ada kemacetan cukup parah yang terjadi. Presiden juga mengimbau agar masyarakat bisa mudik lebih awal, jika memungkinkan dan tetap menyesuaikan jadwal di tempat kerjanya masing-masing. 

Judul berita Mudik Lebaran 2022 Melonjak Drastis, Ini Persiapan Pemerintah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Mudik Lebaran adita irawati

Berita Lainnya