02/02/2023 Ning Ita Bantu Tukang Becak Se-Kota Mojokerto jelang Lebaran | Jatim TIMES

Ning Ita Bantu Tukang Becak Se-Kota Mojokerto jelang Lebaran

Apr 20, 2022 19:02
Ngadi menunjukkan bantuan uang tunai yang didapat dari Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.
Ngadi menunjukkan bantuan uang tunai yang didapat dari Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari.

Pewarta: Abdullah M | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Mengenakan baju kemeja putih yang lusuh, Ngadi (62) terlihat mendatangi rumah dinas wali kota Mojokerto atau Rumah Rakyat, Rabu (20/4).

Usai memarkirkan becaknya, dengan berjalan pelan, Ngadi kemudian masuk ke area rumah dinas. "Mau ngambil bantuan dari wali kota," ujarnya bertanya kepada petugas yang berjaga di depan.

Baca Juga : Antisipasi Kemacetan di Dua Titik Pintu Masuk Blitar, Polisi Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Setelah diarahkan ke ruang aula pendapa, Ngadi langsung menunjukkan KTP, KK, serta kartu undangan yang dia bawa. "Ini katanya dapat bantuan Rp 330 ribu,"kata dia.

Petugas pun mengecek syarat kelengkapan administrasi dari Ngadi. Dia akhirnya Ngadi diberi bantuan uang yang ditaruh dalam amplop.

Usai kembali ke tempat menaruh becak, Ngadi langsung membuka isi amplop tersebut. "Alhamdulillah, saget (bisa) buat tambahan riyadin (hari raya)," ungkapnya.

Selain buat tambahan Lebaran, Ngadi juga berencana memperbaiki becaknya dari uang bantuan yang dia dapat. 

Menurut Ngadi, bantuan dari wali kota ini sangat berarti. Apalagi di tengah sulitnya mencari penghasilan  di masa pandemi saat ini.  "Becak sekarang sepi, kadang sehari dapat Rp 50 ribu," imbuhnya.

Di Rumah Rakyat saat ini memang tengah dilakukan  penyaluran bantuan  secara bertahap mulai 19 April hingga 25 April dari Pemkot Mojokerto. Bansos diberikan kepada 2.148 warga kurang mampu yang terakomodasi  dalam Program Keluarga Harapan (PKH) dari Kemensos RI.

Baca Juga : Gerindra Ungkap Anggaran 100 M untuk Perbaikan Jalan Rusak Sudah di UPT, Ajak Masyarakat Mengawasi

Pada Selasa (19/4), bansos dicairkan untuk disabilitas. Dan pada Rabu (20/4) untuk tukang becak. Kemudian tanggal 21 untuk anak yatim non-panti asuhan, serta pada tanggal 22-25 untuk lansia kurang mampu.

 Afrifaini Yahya selaku kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinsos P3A Kota Mojokerto menyampaikan, ada 2.148 penerima bansos terdiri dari 283 penyandang disabilitas, 486 tukang becak, 356 anak yatim non-panti dan 1.023 lansia kurang mampu.

Terpisah Wali Kota Mojokerto Ika Puspitasari menambahkan, penyaluran bansos ini merupakan anggaran yang dialokasikan setiap tahun dalam rangka mewujudkan kesejahteraan.

"Ini menjadi anggaran yang sudah kita alokasikan setiap tahun dalam rangka mewujudkan kesetaraan bagi masyarakat. Termasuk penyandang disabilitas dalam rangka membantu untuk produktivitas ekonomi kesejahteraan. Maka mereka kita alokasikan anggaran," imbuh Ning Ita, panggilan akrab wali kota.

Judul berita Ning Ita Bantu Tukang Becak Se-Kota Mojokerto jelang Lebaran.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Wali Kota Mojokerto Ita Puspitasari Ning Ita

Berita Lainnya