30/01/2023 Pemain Muda Persis Solo Asal Blitar Dipanggil TC Timnas U-16 | Jatim TIMES

Pemain Muda Persis Solo Asal Blitar Dipanggil TC Timnas U-16

Apr 18, 2022 17:28
Arkhan Kaka Putra (Foto: Instagram.com/persisyouth)
Arkhan Kaka Putra (Foto: Instagram.com/persisyouth)

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES-PSSI memanggil 40 pemain muda untuk mengikuti pemusatan latihan persiapan untuk Piala AFF U-16 dan Kualifikasi Piala AFC U-17 tahun ini. Pemusatan latihan Garuda muda digelar di Stadion Madya, Senayan, Jakarta mulai 15-25 April.

Dari 40 nama, ada salah satu pemain yang berasal dari Kabupaten Blitar. Dia adalah Arkhan Kaka Putra, warga Desa Sukorejo Kecamatan Sutojayan Kabupaten Blitar. Arkhan Kaka kini masih duduk di kelas X SMA Negeri 4 Kota Blitar.

Baca Juga : Porprov Jatim 2022, Cabor Balap Sepeda Kabupaten Blitar Optimis dapat 2 Medali Emas

Bakat sepakbola dari Arkhan turun dari ayahnya yakni Purwanto Suwondo. Saat masih aktif bermain, Purwanto tercatat pernah memperkuat Semen Padang dan Persija Jakarta. Di Persija, Purwanto adalah rekan duet Bambang Pamungkas.

Saat dikonfirmasi awak media, Ayah Arkhan Kaka, Purwanto Suwondo mengatakan, anaknya sudah dipanggil Timnas U-16 sejak seleksi pertama tahun lalu. Kali ini Arkhan akan mengikuti pemusatan latihan mulai 15-25 April 2022 di Jakarta.

"Pemusatan latihan Timnas U-16 ini untuk persiapan Piala AFF, AFC, dan Piala Asia. Arkhan akan menjalani pemusatan latihan selama 10 hari di Jakarta," kata Purwanto, Senin (18/4/2022).

Kepada awak media, Purwanto yang pensiun di PSBI Blitar juga sedikit menceritakan awal karir putra pertamanya ini di dunia sepak bola. Arkhan yang kini menginjak usia 15 tahun, memulai karirnya di SSB Mitra Tunas Muda (MTM) yang bermarkas di lapangan Desa Tumpang, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar.

Bakat bagus Arkhan dilirik sejumlah pemandu bakat klub sepakbola top tanah air. Arkhan kemudian bergabung ke klub Bhayangkara FC selama satu musim di tahun 2021. Saat ini, Arkhan  bergabung dengan Persis tim Persis Youth.

Baca Juga : Serahkan SK CPNS Baru, Bupati Blitar Sampaikan Pesan Core Values BerAKHLAK

"Arkhan ini posisinya striker, tingginya 186 centimeter. Saat di Bhayangkara, di kompetisi Pro Elit, dia berhasil menjadi top skor kedua. Mulai tahun ini, dia bergabung dengan Persis Solo," terangnya.

Setelah pensiun dari lapangan hijau Purwanto kini menekuni karier kepelatihan. Saat ini dia juga tercatat sebagai pelatih SSB MTM. Menurut dia, Arkhan sudah memiliki motivasi untuk menjadi pemain sepak bola sejak kecil. Dia selalu berlatih keras untuk mencapai keinginannya.

"Sebagai orang tua, saya terus memberikan motivasi agar Arkhan bisa menggapai cita-cita sesuai dengan keinginannya. Selama itu bisa membuat dirinya bahagia, serta membuat orang tua, daerah, hingga negara bangga kepadanya, saya terus memberikan dukungan untuknya. Saya tak henti-henti mengingatkan dia untuk terus konsentrasi, fokus, dan kerja keras," pungkas Purwanto.

Judul berita Pemain Muda Persis Solo Asal Blitar Dipanggil TC Timnas U-16.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pemain Timnas U 16 Timnas U 16

Berita Lainnya