01/02/2023 Viral di Twitter Pengaruh Tiktok dan Instagram Terhadap Kesehatan Bumi | Jatim TIMES

Viral di Twitter Pengaruh Tiktok dan Instagram Terhadap Kesehatan Bumi

Apr 17, 2022 10:22
Ilustrasi bumi (sumber gambar : solopos.com)
Ilustrasi bumi (sumber gambar : solopos.com)

Pewarta: Nila Maulida | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Sebuah cuitan di twitter yang  berisi pertanyaan mengenai pengaruh email terhadap kondisi bumi, viral  di media sosial. Cuitan tersebut  dibagikan oleh akun @areajulid, Jumat (15/4/2022).

"Mo nanya, emg email tuh bner-bner berpengaruh banget ya sama kondisi bumi?," tulisnya.

Baca Juga : Bentengi Keluarga, PKK Yosomulyo Sosialisasikan Bahaya Narkoba

Cuitan Twitter  yang  telah dikomentari 427 kali, di-retweet 720 kali, dan disukai 8.616 kali oleh warganet Twitter tersebut membuat para netizen bertanya-tanya mengenai kebenaran soal hubungan email dan kesehatan bumi.

Menurut Yerry Niko Borang Selaku Pegiat keamanan digital mengatakan, perlu dipahami bahwa email disimpan di komputer-komputer yang khusus dinyalakan 24 jam per server. Sementara itu, server tidak bisa hidup tanpa listrik.

Melansir dari Kompas.com Yerry mencontohkan, satu server misalnya setara dengan pemakaian listrik 2 bola lampu 40 watt. Server tersebut akan tergantung milik perusahaan pengelolanya.

"Jika itu Gmail, yang dimiliki Google, servernya di satu lokasi bisa ribuan dan server enggak cuma buat nyimpan email, buat lalu lintas produk-produk internet ya email, website, koneksi video call, sosmed dan sebagainya," ujar Yerry.

Pegiat keamanan digital  mengungkapkan bahwa penggunaan listrik untuk email masih kalah jauh daripada media sosial, misalnya Instagram dan TikTok.

Baca Juga : Pergantian Musim, Ribuan Ulat Bulu Resahkan Warga Kota Batu, Ini yang Dilakukan Pemkot

Pasalnya penyimpanan pada  TikTok atau Instagram mncakup gambar dan video sedang email biasanya hanya teks.

"Sosmed (sosial media) jauh menghabiskan listrik ketimbang email," Lanjutnya.

Yerry menyimpulkan bahwa penggunaan listrik ini tidak serta merta berpengaruh ke masalah ozon. Hal ini lebih kepada sumber listriknya, pembangkit listrik yang digunakan di masing-masing negara.

Judul berita Viral di Twitter Pengaruh Tiktok dan Instagram Terhadap Kesehatan Bumi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kesehatan bumi pengaruh email terhadap bumi

Berita Lainnya