01/12/2022 Bulan Ramadan, Disperindag Kabupaten Blitar Distribusikan 5.500 Liter Minyak Goreng Curah dengan Harga Murah | Jatim TIMES

Bulan Ramadan, Disperindag Kabupaten Blitar Distribusikan 5.500 Liter Minyak Goreng Curah dengan Harga Murah

Apr 15, 2022 16:20
Warga antre membeli minyak goreng dalam operasi pasar yang digelar Disperindag Kabupaten Blitar di Desa Kerjen.
Warga antre membeli minyak goreng dalam operasi pasar yang digelar Disperindag Kabupaten Blitar di Desa Kerjen.

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Yunan Helmy

JATIMTIMES - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar terus hadir di tengah-tengah masyarakat  dalam pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Terkini, untuk mengatasi naiknya sejumlah harga kebutuhan pokok, Pemkab Blitar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) gencar melakukan operasi pasar murah minyak goreng.

Informasi yang dihimpun JatimTIMES, operasi pasar murah minyak goreng telah beberapa kali digelar Disperindag sejak harga bahan dapur tersebut naik beberapa waktu lalu. Program ini digelar Disperindag dengan menyasar hampir seluruh kecamatan di wilayah Kabupaten Blitar mulai dari Blitar selatan, barat dan Blitar wilayah timur.

Baca Juga : Bupati Sanusi Target Kekosongan Jabatan di 12 OPD Akan Terisi Akhir Mei

 

Memasuki Bulan Suci Ramadan, operasi pasar murah minyak goreng semakin diintensifkan oleh Disperindag Kabupaten Blitar. Hari ini, Jumat (15/4/20220, operasi pasar murah minyak  goreng  hadir di Kantor Desa Kerjen, Kecamatan Srengat. Operasi ini menyediakan satu tangki minyak goreng curah.

Dalam operasi pasar murah minyak goreng curah ini, Disperindag mendistribusikan sebanyak 5.500 liter minyak goreng curah. Ribuan liter minyak goreng curah tersebut dijual dengan harga Rp 14.000 pe rliter.

Hadirnya operasi pasar murah minyak goreng di Desa Krejen disambut baik oleh masyarakat. Tampak masyarakat sangat antusias datang dan mengantri meski sedang menjalankan ibadah puasa Ramadan. Mereka antre dengan membawa jerigen serta kupon dan KTP sebagai syarat pembelian minyak goreng curah.

Menurut Kepala Disperindag Kabupaten Blitar Eka Purwanta, dalam operasi pasar murah minyak goreng ini, satu orang dijatah 5 liter minyak. Dengan stok 5.500 liter, artinya distribusi kali ini mampu memenuhi kebutuhan 1.100 warga.

‘’Pemkab Blitar memiliki komitmen untuk terus ada di tengah-tengah masyarakat dalam membantu pemenuhan kebutuhan sehari-hari. Termasuk soal ketersediaan minyak goreng.  Hal ini sesuai arahan bupati dan wakil bupati Blitar. Harga minyak goreng  kemasan memang masih cukup tinggi. Menjawab kebutuhan masyarakat, hari ini kami distribusikan 5.500 liter minyak goreng curah bekerja sama dengan distributor yang ada di wilayah barat,’’ kata Eka.

Selama bulan Ramadan, ada empat wilayah yang menjadi sasaran operasi pasar murah minyak  goreng. Salam satunya adalah Desa Kerjen di Kecamatan Srengat. 

Baca Juga : Resep Pepes Tahu Jamur yang Bikin Nagih, Bergizi dan Cocok untuk Menu Buka Puasa

 

Disperindag memastikan operasi pasar murah minyak goreng ke depan akan terus dilakukan hingga menjelang Hari Raya Idul Fitri.Kebijakan ini diambil  untuk membantu masyarakat mendapatkan minyak goreng curah dengan harga terjangkau.

‘’Mengingat luasnya wilayah Kabupaten Blitar,  tidak di semua tempat ada minyak goreng curah eceran, maka kami dari pemerintah daerah terus melakukan upaya jemput bola. Kami dekatkan kebutuhan minyak goreng ini dengan masyarakat yang membutuhkan," tukasnya.

Lebih dalam Eka mengimbau masyarakat agar ke depan terus menggunakan minyak goreng secara bijak. Utamanya di bulan Ramadan dan jelang Hari Raya Idul Fitri karena  kebutuhan masyarakat akan kebutuhan pokok meningkat.  Masyarakat diminta untuk berbelanja seperlunya dan tidak perlu khawatir hingga kemudian melakukan penimbunan.

"Bulan Ramadan dan jelang datangnya Idul Fitri ini pasti ada peningkatan kebutuhan. Nah, kami mengimbau kepada masyarakat agar lebih bijak berbelanja. Tidak usah khawatir,melakukan penimbunan dan sebagainya. Itu justru keliru karena pemerintah pasti selalu melakukan upaya agar stok tetap terjamin," pungkas Eka.(Adv/Kmf)

Judul berita Bulan Ramadan, Disperindag Kabupaten Blitar Distribusikan 5.500 Liter Minyak Goreng Curah dengan Harga Murah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
minyak goreng curah Disperindag Kabupaten Blitar

Berita Lainnya