30/01/2023 CV Armet Agro Dorong Petani Lokal Menanam Komoditas Mengkudu | Jatim TIMES

CV Armet Agro Dorong Petani Lokal Menanam Komoditas Mengkudu

Apr 14, 2022 14:57
Ilustrasi proses pengolahan buah Mengkudu oleh CV Armet Agro Lumajang (Foto: Istimewa)
Ilustrasi proses pengolahan buah Mengkudu oleh CV Armet Agro Lumajang (Foto: Istimewa)

Pewarta: Redaksi | Editor: Heryanto

JATIMTIMES- Buah mengkudu (morinda citrifolia) merupakan tanaman yang banyak ditemui di Australia, India dan Asia Tenggara termasuk Indonesia. Tanaman ini termasuk mudah untuk ditanam dan tumbuh dengan subur di tanah Indonesia. 

Manfaat dan kekayaan yang ada pada buah mengkudu membuat CV Armet Agro mengembangkan produk dengan komoditas buah mengkudu. Di balik rasa dan aroma yang khas, buah mengkudu sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan sangat mudah untuk dikonsumsi, demikian penjelasan dari Mochammad Helmi Wisanggeni selaku direktur utama.

Baca Juga : Terus Ekspansi Perdagangan Antar Daerah Lewat Misi Dagang, Gubernur Khofifah Bawa Best Practice OPOP untuk Dikembangkan di Kalsel

Wisanggeni, sapaan akrabnya merupakan lulusan dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis memulai merintis bisnis di usia muda dengan membangun pabrik CV Armet Agro di Desa Jokarto, Lumajang, Jawa Timur.  

Awal mulanya ia melihat banyak komoditas tanaman yang sudah banyak ditanam di wilayah sekitar pabrik, namun Wisanggeni melihat ada setitik potensi yang bisa dikembangkan dari komoditas baru yakni buah mengkudu untuk ditanam oleh petani lokal sekitar pabrik.

Lebih lanjut Wisanggeni mengatakan jika Inovasi ini juga dipicu dengan permintaan pasar internasional yang tinggi sehingga bisa menjadi peluang untuk CV. Armet Agro menjelajahi pasar luar negeri. 

Pada awal pemasaran pabrik mengkudu ini sudah berhasil menjadi pemasok dari produk Nonibloom yang merupakan minuman kesehatan dan telah berhasil dipasarkan secara online ke seluruh Indonesia dalam jumlah yang banyak. 

“Jadi memang mengkudu ini bentuk sarinya sangat diminati  di Luar Negeri. Nah ini juga menjadi keuntungan tersendiri untuk para petani lokal yang menanam buah mengkudu karena permintaan yang tinggi” jelas Wisanggeni saat ditemui di pabriknya.

Pemilik akun Instagram @helmiwsg ini menambahkan adanya CV. Armet Agro sebagai produsen dari produk mengkudu juga mendukung gerakan petani lokal yang menanam buah mengkudu untuk mendapat penghasilan yang lebih. 

Baca Juga : BLT Migor yang Diinisiasi Menko Airlangga Dinilai Paling Tepat Saat Ini

Penghasilan lebih  dimaksud adalah umur tanam dan panen buah mengkudu yang relatif singkat membuat perputaran panen buah mengkudu menjadi cepat dan bisa langsung dipasarkan ke konsumen. 

“CV. Armet Agro berusaha maksimal untuk menyediakan kebutuhan petani dari proses tanam hingga proses pengolahan buah mengkudu menjadi ekstrak atau fermentasi,” imbuh Wisanggeni.

Dikatakan, sampai saat ini CV. Armet Agro masih membuka peluang bagi para produsen baik makanan ataupun kosmetik yang membutuhkan bahan baku buah mengkudu untuk bekerjsama dengan sistem makloon. Diharapkan untuk kedepannya komoditas buah mengkudu tidak lagi dipandang sebelah mata dan industri buah mengkudu khususnya CV. Armet Agro bisa berekspansi lebih luas lagi. 

Judul berita CV Armet Agro Dorong Petani Lokal Menanam Komoditas Mengkudu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
CV Armet Mengkudu Buah Mengkudu

Berita Lainnya