Salurkan Zakat Melalui Baznas, Wali Kota Kediri Ingin Kolaborasi Pemkot dan Baznas Optimal dalam Membantu Masyarakat | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Salurkan Zakat Melalui Baznas, Wali Kota Kediri Ingin Kolaborasi Pemkot dan Baznas Optimal dalam Membantu Masyarakat

Apr 14, 2022 14:08
Walikota Kediri menyerahkan zakat ke Badan Amil Zakat. (Foto: Dokumentasi Pemkot Kediri for JatimTIMES)
Walikota Kediri menyerahkan zakat ke Badan Amil Zakat. (Foto: Dokumentasi Pemkot Kediri for JatimTIMES)

JATIMTIMES - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar salurkan zakat melalui Badan Amil Zakat (Baznas) Kota Kediri dalam acara Sosialisasi Bayar Zakat. Penyaluran zakat ini dengan cara scan QRIS dan bertempat di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Kamis (14/4/22).

Dalam sambutannya, Abdullah Abu Bakar menginginkan adanya kolaborasi diantara Pemerintah Kota Kediri dan Baznas Kota Kediri. Sehingga apabila ada hal-hal yang tidak bisa dibantu oleh Pemerintah Kota Kediri, Baznas bisa membantu hal itu. Sederhananya, Pemkot Kediri dan Baznas saling mengisi kekosongan yang ada dan selalu berdampingan. 

Baca Juga : Kemarin Marah-Marah, Kini Beredar Video Ustaz Yusuf Mansur Menangis Beri Pesan Ini ke Anak Remaja

“Contohnya tadi dalam membantu orang sakit itu, di Dinas Kesehatan sudah ada programnya jadi dibantu dari program itu saja tidak masalah. Baznas juga harus punya tim yang menempel di Balaikota, karena saat kita melakukan program-program sosial Baznas harus hadir,” katanya.

Wali Kota Kediri juga meminta kepada semua yang hadir untuk mengotimalkan keberadaan Baznas ini. Baznas Kota Kediri juga harus memberikan masukan dan harus menjalankan peran membantu masyarakat yang tidak bisa dibantu Pemerintah Kota Kediri. Untuk itu, Wali Kota Kediri menunjuk Kepala OPD sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ). 

“Saya minta, juga ada komunikasi dua arah antara Baznas dengan Pemkot Kediri. Saya juga minta Baznas harus mengoptimalkan perannya, sehingga nanti teman-teman yang mau sedekah, menyumbang Al Quran, membantu utang orang bisa juga. Saya harap Baznas juga punya program yang banyak tidak hanya infaq, shodaqoh, zakat,” terangnya.

Sementara itu Wakil Ketua II Baznas Kota Kediri Abdul Basith dalam sosialisasi ini menjelaskan terkait profil Baznas, program Baznas dan penyalur zakat, serta infaq atau shodaqoh di Baznas Kota Kediri. Abdul Basith juga mengucapkan terima kasih Kepala OPD Pemkot Kediri yang dengan ikhlas hati memberikan sebagian hartanya melalui Baznas. 

Dalam rangka membangun komitmen bersama dan membangun keikhlasan bersama, bagi yang sudah ikhlas mudah-mudahan dikuatkan oleh Allah SWT. Bagi yang belum mudah-mudahan pada hari ini akan mulai mensyukuri nikmat Allah dengan cara menyisihkan sebagian dari pendapatan untuk kepentingan orang banyak.

Baca Juga : Terus Ekspansi Perdagangan Antar Daerah Lewat Misi Dagang, Gubernur Khofifah Bawa Best Practice OPOP untuk Dikembangkan di Kalsel

“Karena Allah SWT sudah menjanjikan kalau kita mengeluarkan sebagian dari apa yang telah Allah berikan kepada kita berupa nikmat materi maka Allah SWT akan mengganti dan memberikan berkah,” ujar Abdul Basith Wakil Ketua II Baznas Kota Kediri.

Turut serta juga menyalurkan zakatnya yakni Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Endang Kartika Sari, Kepala Sekolah SMPN 2 Kediri Agung Budi Luarno, dan Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Ahmad Jainudin.

Hadir pula di acara ini Ketua Baznas Kota Kediri Dawud Syamsuri beserta Pengurus Baznas, Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kota Kediri, Kepala Puskesmas se-Kota Kediri, Kepala BUMD se-Kota Kediri, dan Kepala SMP se-Kota Kediri.(Adv)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Kediri Wali Kota Kediri

Berita Lainnya