7 Hal Ini Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih, Dijamin Teratasi | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

7 Hal Ini Sembuhkan Infeksi Saluran Kemih, Dijamin Teratasi

Apr 13, 2022 08:41
Ilustrasi (Foto: news18.com)
Ilustrasi (Foto: news18.com)

JATIMTIMES - Infeksi saluran kemih bisa dialami oleh siapa saja baik pria maupun wanita. Namun untuk wanita lebih memiliki risiko tinggi mengalami infeksi saluran kemih. Saat mengalami infeksi saluran kemih, beberapa gejala atau keluhan yang tidak menyenangkan seperti demam dan nyeri perut di bagian bawah saat buang air kecil.

Untuk mengatasi penyakit tersebut, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salahsatunya yakni dengan cara yang diungkapkan oleh dokter sekaligus healthy vlogger dr. Saddam Ismail. dr. Saddam Ismail kali ini mengungkapkan cara cepat menyembuhkan infeksi saluran kemih selain konsumsi obat-obatan.

Baca Juga : Segudang Manfaat Konsumsi Seduhan Bunga Telang

"Walaupun sudah mengkonsumsi obat-obatan, tapi teman-teman harus melakukan ini ya supaya proses penyembuhannya semakin baik dan cepat," ujar dr. Saddam Ismail.

Dilansir dari video kanal Youtube Saddam Ismail, Selasa (13/4/2022) berikut 7 cara cepat menyembuhkan infeksi saluran kemih

1. Perbanyak minum air putih

Mengkonsumsi air yang banyak menjadi salah 1 cara untuk membantu proses penyembuhan infeksi saluran kemih secara cepat. Dengan mencukupi kebutuhan air, akan banyak urine yang akan dikeluarkan sehingga membantu mendorong bakteri keluar dari sistem perkemihan.

"Hindari dulu minuman berkafein seperti teh dan kopi. Kemudian juga minuman bersoda alkohol, jadi memang teman-teman harus mencukupi kebutuhannya air mineral," kata dr. Saddam Ismail.

2. Asparagus

Sayuran asparagus juga baik untuk membantu proses penyembuhan infeksi saluran kemih, karena bersifat antibakteri sehingga dapat melawan bakteri dan meningkatkan kekebalan.

3. Jangan menahan buang air kecil

Sering menahan buang air kecil berakibat proses penyembuhan infeksi saluran kemih sangat terganggu. Karena dengan membuang air kecil sama halnya dengan mendorong bakteri keluar dari sistem perkemihan. Namun jika ditahan, bakteri itu bisa semakin lama menumpuk dan berkembang biak di area perkemihan.

Baca Juga : Kuatkan Fungsi Tulang hingga Atasi Kanker Dengan Makan Sayuran Hijau Ini

4. Gunakan kompres panas

"Bisa menggunakan bantalan kompres air panas. Tempelkan selama 15 menit, ini membantu membuat nyaman dan membantu meredakan nyeri kalau emang nyeri di perut bagian bawah," terang dr. Saddam Ismail.

5. Merubah gaya hidup yang sehat

Yang masih mengkonsumsi makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji, lebih baik diganti dengan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang seperti sayur dan buah. Menurut dr. Saddam Ismail, hal itu bisa membantu proses penyembuhan infeksi saluran kemih dan meningkatkan imunitas serta memberikan nutrisi bergizi ke tubuh.

6. Gunakan pakaian dalam yang nyaman

"Teman-teman harus menggunakan pakaian dalam yang nyaman yang berbahan dasar katun, kemudian juga longgar sehingga menyerap keringat," tambah dr. Saddam Ismail.

7. Perhatikan kebersihan area sensitif

"Selain menggunakan obat-obatan dan tips-tips tadi, temen-temen juga harus memperhatikan kebersihan area sensitifnya, jika buang air kecil dibilas, ya dicuci," pungkas dr. Saddam Ismail.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
infeksi saluran kemih cara sembuhkan infeksi saluran kemih

Berita Lainnya