Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

Dua Negara Kepincut Produk UMKM Gresik, Rencana Borong dalam Jumlah Besar

Penulis : Syaifuddin Anam - Editor : Pipit Anggraeni

12 - Apr - 2022, 17:27

Placeholder
Disela pelepasan ekspor, Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah melihat produk UMKM rotan di Desa Domas, Kecamatan Menganti, Selasa (12/4/2022). (Foto : Prokopim for JatimTimes)

JATIMTIMES - Produk UMKM Kabupaten Gresik terus diminati pasar luar negeri. Bahkan, mereka berencana akan berkunjung ke Kota Pudak untuk melihat produksi dan kualitas produk yang diinginkan.

Misalnya produk kerajinan rotan dari Koperasi Kriya Giri Sejahtera asal Desa Domas, Kecamatan Menganti. Rencananya, Jepang akan membeli produk rotan dengan jumlah yang cukup besar.

Baca Juga : Gubernur Khofifah Indar Parawansa Resmikan Kampus UMKM Shopee ke-8 di Kota Malang

Atas potensi itu, tak ayal jika pemerintah berencana menjadikan Desa Domas sebagai desa devisa lewat kerajinan rotan. Sehingga, banyak manfaat dan kemudahan yang didapat, khususnya pelaku UMKM kerajinan rotan.

"Kita tidak boleh puas dengan capaian saat ini, tapi kita harus terus meningkatkan kualitas produksi sehingga bisa tembus kelas dunia," ujar Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah usai pelepasan ekspor produksi UMKM Gresik dengan tujuan negara Jepang dan Malaysia, Selasa (12/4/2022). 

Perempuan yang akrab disapa Bu Min ini menyampaikan, selain produk rotan, ekspor ke-22 ini juga produk frozen food dari UD. Family Food asal Desa Tenaru, Kecamatan Driyorejo menjadi UMKM yang mengirimkan produknya ke luar negeri. Capaian ini merupakan suatu motivasi bagi pelaku UMKM lainnya untuk memberikan kualitas yang terbaik.

"Harapannya UMKM yang lain termotivasi sehingga bisa ikut di ekspor produknya ke negara lain," kata wakil bupati perempuan pertama di Gresik tersebut.

Pihaknya juga mengajak semua elemen untuk memberikan dorongan kepada pelaku UMKM Gresik. Baik berupa pembinaan maupun permodalan, sehingga akan muncul UMKM andalan Gresik yang hasil produksinya berkualitas dan go internasional.

Sementara itu, Kepala Seksi Kepabeanan dan Cukai V Gresik, Eko Rudi Hartono menyebut, kerajinan rotan asal Desa Domas ini nantinya akan dibeli dan sekaligus sample sebagai gerbang awal pembelian yang lebih besar dari Jepang.

Baca Juga : Menko Airlangga: Pekan Pertama Ramadan Pandemi Konsisten Membaik

"Rencananya bulan Mei akan ada perwakilan dari Jepang untuk berkunjung di Koperasi Kriya Giri Sejahtera. Tujuannya adalah untuk melakukan quality control dalam rangka pemenuhan kualitas yang diinginkan pasar Jepang," kata Eko Rudi.

Begitu juga dengan produk frozen food dari UD. Family Food yang dikirim hari ini merupakan produk awal untuk transaksi yang lebih besar di pengiriman berikutnya. Dari 40 ragam frozen food yang diproduksi, pembeli dari Malaysia menaruh minat pada 17 produk.

"Untuk Malaysia rencananya nanti di akhir April akan datang dalam rangka negoisasi untuk transaksi yang potensinya senilai Rp 9 miliar dengan volume barang sebanyak 1 kontainer ukuran 20 feet," pungkasnya. 


Topik

Ekonomi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Syaifuddin Anam

Editor

Pipit Anggraeni