27/01/2023 Ini Resep Kerupuk Nasi, Bisa Dibuat dari Sisa Nasi yang Tak Habis Dimakan | Jatim TIMES

Ini Resep Kerupuk Nasi, Bisa Dibuat dari Sisa Nasi yang Tak Habis Dimakan

Apr 12, 2022 14:39
Inilah kerupuk bentuk kerupuk nasi yang sudah jadi (Foto: Asmadi/ JatimTIMES)
Inilah kerupuk bentuk kerupuk nasi yang sudah jadi (Foto: Asmadi/ JatimTIMES)

Pewarta: Asmadi Lumajang | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Kerupuk merupakan salah satu makanan yang wajib ada di meja makan bagi sebagian orang. Tak hanya enak dijadikan pelengkap lauk pauk saat makan, kerupuk juga sering menjadi camilan yang bikin ketagihan. 

Di Indonesia sendiri ada berbagai jenis kerupuk mulai dari kerupuk ikan, kerupuk kulit, kerupuk bawang, kerupuk udang hingga kerupuk nasi.

Baca Juga : Parade Kendaraan Berat pada Malam Hari Bikin Bising dan Rusak Jalan Senori Milik Pertamina

Dari sekian banyak jenis kerupuk, cara untuk membuat kerupuk nasi terbilang sangat mudah. Selain mudah, pembuatan kerupuk nasi tidak menguras kantong alias tidak membutuhkan banyak bahan. 

Bahkan, pembuatnya juga bisa memanfaatkan nasi sisa yang tak habis dimakan, untuk dijadikan kerupuk nasi. 

Kinanti salah satu warga Dusun Kerajan, Desa Randuagung, Kecamatan Randuagung, Lumajang, menjelaskan bagaimana cara membuat kerupuk nasi dengan tekstur yang tepat dan gurih.

Berikut ini informasi lengkap mengenai 6 bahan kerupuk nasi ala rumahan, enak dan praktis: Tuangkan 8 gram garam halus, 17 gram bawang putih, air secukupnya, 7 gram ketumbar, terasi secukupnya dan nasi putih 500 gram.

"Nah, untuk peroses pembuatan kerupuk nasi yang layak digunakan adalah nasi yang layak pakai, tidak berbau dan nasinya tidak boleh dingin," jelas Kinanti saat ditemui di rumahnya.

Sedangkan untuk pembuatan kerupuk nasi ini dengan mencampurkan bawang putih yang sudah dihaluskan, ketumbar, garam, terasi sesuai selera, dan selanjutnya tuangkan air secukupnya. Aduk hingga merata, setelah itu diamkan lima menit biar bumbu yang sudah diaduk meresap ke dalam adonan.

Setelah itu lanjut dengan pengukusan adonan nasi yang sudah tercampur bumbu sampai benar-benar panas hingga meresap ke bagian dalam. Lalu angkat dan haluskan selagi panas biar lebih gampang membentuknya.

Baca Juga : Resep Tumis Buncis Udang, Makanan Bergizi yang Cocok untuk Menu Sahur

Sedangkan untuk membentuk kerupuk nasi terbilang sangat mudah, cukup ambil satu sendok makan, ambil adonan dan letakkan di atas plastik. Kemudian tutup dengan plastik lagi lalu dipipihkan menggunakan botol hingga tipis. 

“Bisa ditipiskan menggunakan botol bekas, atau dengan roller roti dan bentuk sesuka hati,” kata Kinanti.

Setelah peroses pembentukan selesai dan dirasa sudah cukup, jemur hingga kering di bawah terik matahari selama dua hari. Pastikan kerupuk yang dijemur tersebut benar-benar kering.

Apabila kerupuk yang sudah dijemur keringnya merata, kemudian lanjutkan menggoreng dalam minyak panas dengan api sedang. Agar kerupuk yang digoreng bisa mekar sempurna dan renyah.

"Kerupuk nasi menjadi makanan pendamping saat berbuka puasa atau sahur. Kita juga bisa menyimpan kerupuk nasi di dalam toples atau wadah yang tertutup rapat. Agar kerupuk tidak mudah melempem," terang Kinanti.

Judul berita Ini Resep Kerupuk Nasi, Bisa Dibuat dari Sisa Nasi yang Tak Habis Dimakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
kerupuk nasi membuat kerupuk

Berita Lainnya