30/01/2023 Miris, Aksi Warga Tandu Orang Sakit Lewat Hutan dengan Jalan Berlumpur di Jombang | Jatim TIMES

Miris, Aksi Warga Tandu Orang Sakit Lewat Hutan dengan Jalan Berlumpur di Jombang

Mar 29, 2022 15:50
Kondisi warga Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang menandu orang sakit. (istimewa)
Kondisi warga Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang menandu orang sakit. (istimewa)

Pewarta: Adi Rosul | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Seorang warga Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Jombang ditandu dengan kain sarung dan tongkat untuk berobat. 

Rekaman video aksi sejumlah warga mengevakuasi orang sakit ini pun viral di media sosial lantaran akses jalan yang bikin miris.

Baca Juga : Petrokimia Bangkitkan Seniman Indonesia lewat Teater "Tabib Suci"

Rekaman video tersebut diunggah oleh akun Instagram @info_jombang. Pada rekaman video yang diunggah, terlihat sekitar 6 orang tengah memikul sebatang kayu dengan kain sarung yang mengantung ke bawah.

Mereka terlihat sedang menandu seseorang yang berada di dalam sarung. Sedangkan sejumlah orang lainnya mengikuti dari belakang.

Mirisnya, warga yang tengah menandu itu berjalan di medan jalan yang masih berupa tanah dengan kondisi menanjak. Hingga terlihat jelas, sejumlah orang yang tengah menandu itu tampak kesulitan melewati jalan tersebut.

Pada unggahan akun Instagram itu, diterangkan bahwa aksi warga menandu orang sakit itu terjadi di Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan pada Selasa (29/3/2022). Warga berjalan kaki sejauh 8 Km menuju layanan kesehatan dengan medan berlumpur dan naik turun di sepanjang hutan jati.

"Warga Dusun Rapahombo, Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang ditandu menuju layanan medis terdekat. Ditandu menggunakan sarung. Warga berjalan kaki hampir 8 km dengan medan berlumpur, naik turun serta hutan jati," terang akun @info_jombang pada unggahannya.

Rekaman video yang diposting 3 jam lalu tersebut telah ditonton 32.695 kali dan disukai oleh 2.630 warganet. Juga mendapatkan 151 komentar dari para netizen.

"Astafirulloh. Masih ada yg kyk gini di kota ku. Semoga di lancarkan usaha mreka dlm penanganan medis," ujar akun @k***_k***y di kolom komentar.

Netizen lainnya juga berharap ada perbaikan jalan di lokasi tersebut. Sehingga kejadian serupa tidak terjadi lagi. "Semoga pemerintah memberikan fasilitas jalan dan layanan masyarakat yg memadai untuk Desa Rapahombo Klitih," kata akun @i*********09.

Baca Juga : Hegemoni Barat Segera Runtuh, Islam Kembali Berjaya

Kepala Dusun Rapahombo Padi membenarkan video warga menandu orang sakit tersebut. Ia menjelaskan, orang yang ditandu merupakan warganya bernama Sigun (62), warga RT 02 RW 07.

Ia ditandu dari rumahnya menuju klinik kesehatan di Dusun Sendanggogor, Desa Ngepung, Kecamatan Lengkong, Nganjuk untuk berobat. 

"Dia mau berobat, kalau dinaikkan sepeda itu orangnya tidak kuat," ujarnya saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (29/3/2022).

Dikatakan Padi, akses jalan menuju Dusun Rapahombo dan sebaliknya cukup sulit dilalui mobil. Terlebih lagi saat musim penghujan, jalan berupa tanah tersebut berubah menjadi jalan berlumpur.

Oleh karena itu juga, lanjut Padi, sekitar 40 warga terpaksa menandu Sigun dengan batang kayu dan kain sarung untuk pergi berobat. Perjalanan dari Dusun Rapahombo, Desa Klitih menuju lokasi berobat memakan waktu 4 jam.

Warga menandu Sigun dari rumah sekitar pukul 05.30 WIB dan sampai di lokasi sekitar pukul 09.30 WIB. "Jalannya sangat parah. Kalau bawa mobil itu tidak bisa. Terus kalau dibonceng sepeda itu orangnya tidak kuat karena sakit parah," pungkasnya.

Judul berita Miris, Aksi Warga Tandu Orang Sakit Lewat Hutan dengan Jalan Berlumpur di Jombang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
video viral desa klitih plandaan

Berita Lainnya