26/11/2022 Bupati Sanusi Sebut Ada 4 PT yang Akan Merapat ke Kabupaten Malang | Jatim TIMES

Bupati Sanusi Sebut Ada 4 PT yang Akan Merapat ke Kabupaten Malang

Mar 28, 2022 20:54
Bupati Malang, HM. Sanusi. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).
Bupati Malang, HM. Sanusi. (Foto: Riski Wijaya/ MalangTIMES).

Pewarta: Riski Wijaya | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Sejumlah rencana untuk mengungkit perekonomian saat ini tengah dibahas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malang. Mulai dari pengembangan wisata, peternakan, pertanian, pendidikan dan lain sebagainya. 

Di sektor pendidikan, Pemkab Malang juga akan menggandeng sejumlah perguruan tinggi (PT). Namun bukan hanya sekedar dilibatkan dalam program-program Kabupaten Malang saja, tetapi juga dengan membangun sejumlah kampus yang saat ini sudah ada di Kota Malang. 

Baca Juga : Gubernur Khofifah Sampaikan Rp 26,8 Triliun Pengadaan Barang dan Jasa Wajib Produk Dalam Negeri

Bupati Malang, HM. Sanusi menyebut, saat ini sudah ada empat Perguruan Tinggi yang berencana membangun kampusnya di Kabupaten Malang. Keempat PT tersebut adalah Universitas Brawijaya (UB), Universitas Islam Negeri (UIN) Mailana Malik Ibrahim, Universitas Islam Malang (UNISMA) dan Politeknik Pariwisata (Poltekpar).

"Untuk mengungkit perekonomian, saya kerjasama dengan UB. Dan bulan Juli, untuk S-1 nya, ini kesepakatan saya dengan Pak Rektor, akan pindah ke Kepanjen. Jadi seluruh mahasiswa S-1 nanti dimulai akan di Kepanjen, sebanyak 70 ribu," ujar Sanusi.

Dengan jumlah mahasiswa yang mencapai puluhan ribu tersebut, Sanusi berharap nantinya perekonomian masyarakat Kabupaten Malang bisa berangsur terungkit. Bahkan, jika hal itu telah direalisasikan, juga diharapkan bisa mengangkat kemiskinan di Kabupaten Malang. 

"Itu artinya, kalau satu mahasiswa menghabiskan biaya hidup di Kepanjen ditaksir Rp 1 juta per bulan, berarti dalam satu bulan akan ada Rp 70 miliar uang yang berputar di Kepanjen," imbuh Sanusi. 

Sementara untuk UIN, Sanusi mengatakan saat ini setidaknya sudah ada 3 fakultas yang direncanakan dibangun di wilayah Kecamatan Turen. Ketiga fakultas tersebut adalah Fakultas Peternakan, Perikanan dan Pertanian. Untuk rencana itu, Sanusi menyebut UIN akan membangun kampusnya di lahan seluas 16 hektare. 

Baca Juga : Bupati Sanusi Minta Perangkat Daerah Lebih Cermat dalam Merancang Program

Selain itu, Sanusi juga menyebut di Karangploso nantinya juga akan dikembangkan program studi S-1 UNISMA. Bahkan sudah ada puluhan hektare lahan yang disiapkan untuk pengembangan UNISMA di Kecamatan Singosari. 

"Jadi kita bagi zona pendidikan ini. Agar nanti masyarakat Kabupaten Malang, untuk melanjutkan ke perguruan tinggi sudah ada di daerahnya masing-masing," terang Sanusi. 

Judul berita Bupati Sanusi Sebut Ada 4 PT yang Akan Merapat ke Kabupaten Malang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
UIN Malang Pemkab Malang

Berita Lainnya