30/11/2022 Tak Kalah dari Rara Mandalika, Inilah Kisah Sumantri yang Berhasil Jinakkan Hujan di India hingga Turki | Jatim TIMES

Tak Kalah dari Rara Mandalika, Inilah Kisah Sumantri yang Berhasil Jinakkan Hujan di India hingga Turki

Mar 26, 2022 10:55
Eko Budi Sumantri pawang hujan (Foto: IST)
Eko Budi Sumantri pawang hujan (Foto: IST)

Pewarta: Desi Kris | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Beberapa waktu lalu, publik dihebohkan dengan aksi pawang hujan Rara Isti Wulandari di ajang balap MotoGP Mandalika, Lombok Timur. Pasalnya, Rara diklaim berhasil menghentikan hujan di tengah ajang balapan motor dunia itu. 

Ya, saat itu cuaca di Sirkuit Mandalika memang hujan deras. Hal itu membuat pertandingan tertunda. 

Baca Juga : Tertimpa Pohon Tumbang saat Berkendara, Mahasiswi Blitar Selamat

Di tengah hujan deras itu, tak lama muncul Rara sang pawang hujan untuk melakukan aksinya. Dengan mambawa cawan emas dan beberapa perlengkapan lainnya, melancarkan aksinya. 

Tak lama, benar saja hujan pun reda dan pertandingan kembali dimulai. Namun, dibalik viralnya aksi Rara ini, ada pula sosok pawang hujan lain yang tak kalah hebat. 

Sosok pawang hujan itu adalah Eko Budi Sumantri. Sumantri merupakan pawang hujan yang sudah beroperasi sejak tahun 2007. 

Bahkan hanya dengan duduk anteng di rumahnya sambil membaca pesan masuk di handphone, orderan memindahkan hujan tetap mengalir deras seperti biasanya. Bahkan, permintaan untuk mengusir hujan sudah terisi sampai bulan Juli mendatang. 

Dalam sebulan saja, Sumantri bisa melayani permintaan pemindahan hujan di 40 tempat sekaligus.

"Dari sebelum Mbak Rara viral sampai sekarang memang juga sudah banyak yang pakai jasa saya," ucap Sumantri dikutip melalui wawancara eksklusif Detik. 

Bahkan Sumantri menganjurkan calon kliennya untuk menyewa jasa pawang hujannya jauh-jauh hari. 

Meski profesi ini banyak mendapatkan cemooh, kenyataannya klien yang memakai jasanya bukan orang sembarangan. Mulai dari pengusaha besar hingga pejabat di Indonesia. 

Demi melancarkan target vaksinasi, Sumantri juga mengaku sempat diterjunkan untuk menghalau hujan di Sentra Vaksinasi Covid-19 di Gelora Bung Karno (GBK) selama 1 bulan.

Baca Juga : Jaringan Pengedar Narkoba Kabupaten Malang Berhasil Diringkus Polisi

Tak cukup di dalam negeri, kiprah Sumantri sebagai pawang hujan juga dikenal di luar negeri, khususnya bagi kalangan berduit di India. Contoh saat orang India akan mengadakan pesta pernikahan hingga berhari-hari, tak lengkap rasanya tanpa kehadiran Sumantri di sana.

Mereka pun memanggil Sumantri dengan sebutan Rain Stopper.

"Saya sudah 17 kali dipanggil ke India. Yang ngundang saya juga bukannya yang kere, ya, tapi orang India dengan kasta tinggi," cetus Sumantri.

"Selain India, Sumantri juga sudah 2 kali ke Thailand, 1 kali ke Singapura, 1 kali ke Abu Dhabi, 2 kali ke Italia, 1 kali ke Inggris, dan 2 kali ke Turki. 

"Semua dalam rangka memenuhi panggilan sebagai pawang hujan," ungkap Sumantri.

Sebagian dari kliennya juga merupakan orang Indonesia yang tinggal di luar negeri. Dalam melakukan aksinya, Sumantri tak pernah melakukan ritual macam-macam. 

Ia juga tidak pernah meminta disediakan sesajen atau sejenisnya. Yang ia butuhkan hanya sajadah dan area lobby masjid untuk melantunkan zikir sambil memantau pergerakan awan di langit. 

Judul berita Tak Kalah dari Rara Mandalika, Inilah Kisah Sumantri yang Berhasil Jinakkan Hujan di India hingga Turki.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
pawang hujan Sirkuit Mandalika

Berita Lainnya