04/12/2022 Perang Ranperda, Selain Ranperda Inisiatif DPRD, Bupati Tulungagung Juga Sampaikan Ranperda untuk Dibahas | Jatim TIMES

Perang Ranperda, Selain Ranperda Inisiatif DPRD, Bupati Tulungagung Juga Sampaikan Ranperda untuk Dibahas

Mar 24, 2022 16:20
Rapat paripurna DPRD Tulungagung. Rabu, 23/3/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)
Rapat paripurna DPRD Tulungagung. Rabu, 23/3/2022. (Foto: Muhsin/TulungagungTIMES)

Pewarta: Muhamad Muhsin Sururi | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Selain Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD, Bupati Tulungagung Maryoto Birowo juga menyampaikan beberapa ranperda untuk dilakukan pembahasan dalam rapat-rapat Pansus DPRD.

Hal ini disampaikannya saat rapat Paripurna DPRD Tulungagung di ruang Graha Wicaksana Kantor DPRD setempat, Rabu (23/3/2022). 

Baca Juga : AMITRA Gelar Gebyar AMITRA Sambut Ramadan di Aceh

Menurut Bupati Maryoto, ada 5 ranperda yang disampaikannya untuk mendapatkan pembahasan dalam rapat Pansus DPRD. 5 ranperda yang dimaksud di antaranya, ranperda persetujuan bangunan gedung, Perubahan Atas Peraturan Daerah Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perparkiran di Kabupaten Tulungagung.

"Ranperda ini merupakan Perubahan Keempat Atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pembentukan dan Penyelenggaraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tulungagung, dan Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tulungagung pada PDAM Tulungagung," katanya.

Yang kedua, lanjut Maryoto, adalah pembentukan Ranperda Persetujuan Bangunan Gedung dilatarbelakangi dengan terbitnya Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja.

Dijelaskan, dalam Undang-undang No.11 Tahun 2020 diamanatkan bahwa penyelenggaraan izin mendirikan bangunan (IMB) diubah Retribusi Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Sehingga penyesuaian ranperda tersebut perlu dilakukan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan bangunan gedung yang tertib, baik secara administrasi maupun secara teknis.

"Penyelenggaraan bangunan gedung di Kabupaten Tulungagung diharapkan sesuai dengan fungsinya agar memenuhi aspek keandalan, kesehatan, kenyamanan dan kemudahan penggunaan serta serasi dan selaras dengan lingkungan," jelasnya.

Selain itu, penyempurnaan penyelenggaraan pemberian persetujuan bangunan gedung (PBG), juga mengatur formula perhitungan baru bagi bangunan dengan fungsi hunian. Sehingga masyarakat yang akan mengajukan PBG akan lebih dipermudah dan menjadi lebih mudah dalam pembayaran retribusi, kepastian dalam penetapan standar satuan harga tertinggi, dan penggunaan index baru dalam penetapan besaran retribusi yang disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan di atasnya.

Maryoto melanjutkan, ketiga adalah penyusunan Ranperda Perubahan Atas Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perparkiran di Kabupaten Tulungagung.

Ranperda perubahan itu dilatarbelakangi dengan semakin meningkatnya kepadatan arus lalu lintas yang diakibatkan peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang sangat pesat dan kebutuhan ruang parkir yang semakin tinggi. Untuk itu pemda perlu mengatur kembali Perda Perparkiran guna mengintensifkan upaya pembinaan, penertiban dan pengawasan terhadap peningkatan ruang parkir di tepi jalan umum yang menggunakan prasarana jalan melalui perbaikan pelayanan perparkiran.

"Berdasarkan hal tersebut maka perlu mengubah beberapa ketentuan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Tulungagung Nomor 10 Tahun 2011 tentang Penyelenggaraan Perparkiran di Kabupaten Tulungagung yang sudah tidak sesuai lagi dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat saat ini," ucapnya.

Terakhir, kata Maryoto, adalah Ranperda Perubahan Keempat Atas Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2011 tentang Pembentukan dan Penyelenggaraan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tulungagung.

Baca Juga : Perebutan Kursi Sekda, Bupati Salwa Jatuhkan Pilihan ke Bambang Soekwanto

Ranperda ini disusun bertujuan untuk menindaklanjuti Permenpan Nomor 21 Tahun 2021 tentang Penyederhanaan Struktur Organisasi Pada Instansi Pemerintah yang menyebabkan perlunya dilakukan penyederhanaan birokrasi pada pemerintahan daerah dan menjadi salah satu program prioritas nasional.

"Tujuan dari penyederhanaan birokrasi sebagaimana dimaksud adalah peningkatan efektifitas kinerja pemerintahan," ungkapnya.

Sedangkan sasaran yang ingin dicapai adalah birokrasi yang lebih dinamis, agile (lincah) dan professional guna meningkatkan efektifitas dan efisiensi mendukung kinerja pelayanan pemerintahan kepada publik. 

Maryoto juga mengungkapkan, penyertaan modal Pemerintah Kabupaten Tulungagung pada PDAM dalam rangka meningkatkan pelayanan air minum pada masyarakat melalui pemberian bantuan dari pemerintah.

Bantuan yang dilakukan, salah satunya dengan pengalokasian APBD Kabupaten Tulungagung kepada Perusahaan Umum Daerah Air Minum "Titra Cahya Agung" Kabupaten Tulungagung dalam bentuk penyertaan modal pemerintah daerah. Selain itu ranperda tersebut disusun guna mendapatkan Program Nasional Urban Water Supply Project (NUWSP) dari Pemerintah Pusat.

"Berdasarkan pertimbangan tersebut perlu membentuk Ranperda tentang Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2012 tentang Penyertaan Modal Pemerintah Kabupaten Tulungagung pada PDAM Tulungagung," ungkapnya.

Sebelumnya, Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Tulungagung telah menyampaikan 4 ranperda inisiatif yaitu Ranperda tentang Fasilitasi Penyelenggaran Pesantren, Ranperda tentang Fasilitasi Penyaluran Pupuk Bersubdi, Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 9 Tahun 2017 tentang Penyelenggaran Perindustrian dan Perdagangan dan Ranperda tentang Pengelolaan Teknologi dan Informasi.

Dengan ranperda-ranperda yang sudah disampaikan, diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan pelayanan dan pemberdayaan kepada masyarakat di Kabupaten Tulungagung sehingga dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat.

Judul berita Perang Ranperda, Selain Ranperda Inisiatif DPRD, Bupati Tulungagung Juga Sampaikan Ranperda untuk Dibahas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Ranperda Tulungagung ranperda perubahan

Berita Lainnya