10/12/2022 Peredaran Sabu-sabu Marak di Bangkalan, Unit Reskrim Polsek Tanah Merah Bekuk Pelaku di Teras Rumahnya | Jatim TIMES

Peredaran Sabu-sabu Marak di Bangkalan, Unit Reskrim Polsek Tanah Merah Bekuk Pelaku di Teras Rumahnya

Mar 19, 2022 13:45
Tersangka MN (36) penyalahgunaan Narkoba jenis Sabu beserta barang buktinya(Foto: Dok. Humas Polres Bangkalan) 
Tersangka MN (36) penyalahgunaan Narkoba jenis Sabu beserta barang buktinya(Foto: Dok. Humas Polres Bangkalan) 

Pewarta: Imam Faikli | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Polres Bangkalan masih saja menemukan pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba jenis sabu. Kali ini, jajaran Polsek Tanah Merah membekuk Muksin (36) di teras rumahnya. Dia merupakan warga Desa Dlambah Dajah, Kecamatan Tanah Merah, yang merupakan tersangka pelaku pengedar barang haram (Narkoba) kepada warga sekitarnya. 

Kapolsek Tanah Merah AKP Buntoro mengungkapkan, penangkapan terhadap tersangka Muksin dilakukan Rabu, 16 Maret 2022 lalu, sekitar pukul 23.00 Wib. Menurutnya, pada saat itu unit reskrim Polsek Tanah Merah mendapat informasi, tersangka menjual narkotika jenis sabu di teras rumahnya di Desa Dlambah Dajah. Setelah itu, Kanit Reskrim Polsek Tanah Merah menuju lokasi tersangka dan mendapatkan tersangka sedang duduk di teras rumahnya. 

Baca Juga : Ditandai Getaran dan Dentuman 4 Kali, Tebing Setinggi 50 Meter Longsor di Kota Batu

Kemudian, polisi melakukan penggeledahan terhadap pakaian hingga badan tersangka, lalu ditemukan barang bukti (BB) berupa dompet warna putih yang berisikan satu plastik klip, diduga berisi sabu memiliki berat kotor kurang lebih 0,87 gram. Selain itu, dompet milik tersangka juga berisi 19 plastik klip dalam keadaan kosong dan satu sendok sabu terbuat dari plastik, serta uang tunai senilai Rp. 1,5 juta. 

Saat dilakukan interogasi terhadap tersangka, dia mengakui bahwa narkotika jenis sabu yang ditemukan petugas merupakan miliknya. "Narkotika jenis sabu yang ditemukan itu merupakan barang yang belum terjual. Sementara uang yang ditemukan petugas sebanyak Rp. 1,5 juta itu, merupakan uang hasil penjualan narkotika jenis sabu yang dilakukan oleh tersangka," ungkap Buntoro menurut keterangan tertulisnya, Sabtu (19/3/2022). 

Tidak hanya itu, tersangka Muksin dalam keterangannya mengaku, dirinya memperoleh narkoba itu dari hasil membeli dari SR sebanyak 8 gram seharga Rp. 6 juta sekitar 1 minggu yang lalu. 

"MN membeli Narkoba jenis Sabu kepada  SR (DPO) sebanyak 8 gram dengan harga Rp. 6 juta. Selanjutnya narkotika jenis sabu tersebut di jual kembali oleh tersangka MN dengan harga per poket antara Rp. 100 ribu hingga Rp. 150 ribu di daerah sekitar rumahnya," terang Buntoro. 

"Dengan adanya hal tersebut, tersangka MN beserta barang bukti yang ditemukan petugas dibawa dan diamankan ke Polsek Tanah Merah untuk dilakukan penyidikan dan pengembangan lebih lanjut," imbuhnya. 

Baca Juga : Inilah 7 Sayuran Favorit Rasulullah SAW yang Tercatat dalam Hadis, Timun hingga Bawang-bawangan

Atas kejadian itu, tersangka telah melanggar KUHP Pasal 114 ayat (1) subs Pasal 112 ayat (1) UU RI no 35 tahun 2009 tentang Narkotika, karena kedapatan tanpa hak atau melawan hukum menawarkan untuk dijual, menjual, membeli,  menjadi perantara dalam jual beli narkotika golongan I. 

Sementara SR, yang telah menjual barang haram jenis sabu kepada MN sebanyak 8 gram dengan harga Rp. 6 juta saat ini  masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO).

Judul berita Peredaran Sabu-sabu Marak di Bangkalan, Unit Reskrim Polsek Tanah Merah Bekuk Pelaku di Teras Rumahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Polres Bangkalan polsek tanah merah

Berita Lainnya