01/12/2022 Ditandai Getaran dan Dentuman 4 Kali, Tebing Setinggi 50 Meter Longsor di Kota Batu | Jatim TIMES

Ditandai Getaran dan Dentuman 4 Kali, Tebing Setinggi 50 Meter Longsor di Kota Batu

Mar 19, 2022 13:32
Petugas saat melihat tebing longsor di Jalan Pattimura Gang V RT 5/RW 6 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Sabtu (19/3/2022).
Petugas saat melihat tebing longsor di Jalan Pattimura Gang V RT 5/RW 6 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu, Sabtu (19/3/2022).

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Tanah longsor melanda kawasan Jalan Pattimura Gang V RT 5/RW 6 Kelurahan Temas, Kecamatan Batu, Kota Batu. Longsor kali ini melanda sebuah tebing dengan ketinggian 50 meter.

“Karena curah hujan yang tinggi di Kota Batu di sepanjang musim hujan tahun ini menyebabkan longsornya tebing,” ungkap Kepala Pelaksana Tugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Batu, Agung Sedayu.

Baca Juga : Dam Groundsill Kali Asem Jebol, Wabup Lumajang: Buat Groundsill Sementara 

Sebelum terjadinya longsor pada tebing tersebut ditandai dengan getaran dan suara dentuman sebanyak 4 kali sejak Kamis (17/3/2022) hingga akhirnya longsor pada Jumat (18/3/2022). Dimensi tanah longsor yaitu tinggi 50 meter, panjang 60 meter dan lebar 10 meter. Lantaran longsornya tebing tersebut membuat material menutup aliran sungai di bawah tebing. Akibatnya 5 rumah di sekitar tebing rawan terdampak.

Pemasangan garis batas pengaman kini pun telah dilakukan agar masyarakat tidak mendekat di area rawan terdampak. “Kami sudah memasang garis batas, supaya warga waspada,” ucap Agung.

Agung pun mengimbau kepada warga yang rumahnya berlokasi di dekat tebing untuk lebih waspada saat beraktivitas di dekat area terdampak. “Relokasi rumah warga di sekitar tebing yang rawan terdampak,” imbuh Agung.

Baca Juga : Peserta Ikawangi Cycling Nusantara 2022 Obati Rasa Kangen Kampung Halaman

Sedang, kejadian tanah longsor sejak awal Maret kerap terjadi disebabkan faktor hujan deras, pihaknya mengimbau kepada warga tetap waspada jika terjadi musibah. Selain itu Agung juga mengimbau bagi pengendara yang melintas daerah Payung diminta lebih waspada saat melintas, mengingat salah satu kawasan rawan tanah longsor.

Judul berita Ditandai Getaran dan Dentuman 4 Kali, Tebing Setinggi 50 Meter Longsor di Kota Batu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Tanah Longsor longsor kota batu

Berita Lainnya