Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pendidikan

Bimtek Pengembangan Sekolah Tahun 2022 Diikuti 135 Lembaga SD di Jombang

Penulis : Adi Rosul - Editor : Dede Nana

18 - Mar - 2022, 14:55

Placeholder
Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Jombang Endro Wahyudi saat membuka Bimtek. (dokumentasi Disdikbut Jombang)

JATIMTIMES - Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Pengembangan Sekolah. Bimtek tersebut diikuti oleh 135 Lembaga SD di kota santri.

Bimtek bagi para kepala sekolah dan guru SD di Jombang ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Disdikbud Jombang Endro Wahyudi di SDN kepanjen 2 pada Rabu (16/03/2022). Sementara, para peserta Bimtek mengikutinya melalui virtual di 5 titik.

Baca Juga : Dua Bulan, Polres Blitar Ringkus 42 Tersangka Narkoba

Yakni di SDN Ploso untuk wilayah utara, SDN Perak 2 untuk wilayah barat, SDN Menganto wilayah tengah selatan. Kemudian SDN Kesamben 1 untuk wilayah timur dan SDN Banjaragung 2 untuk wilayah selatan.

Dalam sambutannya Endro mengatakan, perlu adanya perubahan paradigma dalam proses pembelajaran. Paradigma baru berupa 'Merdeka Belajar' harus dilakukan untuk menyongsong perubahan global menuju revokusi industri 4.0.

"Perubahan paradigma berpikir perlu diubah secara radikal. Karena Paradigma baru Merdeka Belajar memaksa satuan pendidikan untuk mengubah cara berpikir dan bertindak dalam menghadapi perubahan global menuju revolusi industry 4.0," ujarnya.

Endro juga menyampaikan, bahwa dengan berbagai aturan yang ada saat ini dan perkembangan yang sedemikian rupa, para guru dituntut adaptif baik dengan teknologi maupun perubahan paradigma Merdeka Belajar. 

"Kami bergharap sangat kepada bapak ibu guru peserta Bimtek ini untuk mengikuti dengan sebaik-baiknya mulai awal hingga akhir. Dan apa yang disampaikan oleh tutor atau Instruktur nanti bisa diterapkan dan diaplikasikan di sekolah masing-masing dengan baik," ucapnya.

Baca Juga : Terkait Langkanya Kedelai, Kadisperindag Jember Sebut Stok Aman dan Harga Normal

Untuk diketahui, instruktur atau narasumber Bimbingan Teknis ini  adalah pengawas sekolah yang berpengalaman sebagai instruktur Provinsi Jawa Timur, serta Kepala Sekolah yang berpengalaman. 

Bimtek diikuti sebanyak 135 Lembaga SD se-Kabupaten Jombang dengan jumlah peserta sebanyak 270 orang terdiri dari 1 orang guru dan satu orang kepala sekolah.(ADV)


Topik

Pendidikan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Adi Rosul

Editor

Dede Nana