01/02/2023 Doesoen Kakao Banyuwangi Sajikan Cokelat Terbaik Dunia, Silakan Datang dan Nikmati | Jatim TIMES

Doesoen Kakao Banyuwangi Sajikan Cokelat Terbaik Dunia, Silakan Datang dan Nikmati

Mar 12, 2022 19:19
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat melihat biji Cokelat di Perkebunan PTPN XII Glenmore Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani saat melihat biji Cokelat di Perkebunan PTPN XII Glenmore Banyuwangi Nurhadi Banyuwangi Jatim Times

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: A Yahya

JATIMTIMES – Setelah sempat terhenti karena Pandemi Covid 19, Pemkab Banyuwangi kembali menggelar Festival Cokelat di Wisata Doesoen Kakao, di kawasan lahan perkebunan PTPN XII Desa Karangharjo, Kecamatan Glenmore, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur  Sabtu (12/3/2022).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengajak warga Banyuwangi maupun wisatawan untuk mencicipi dan menikmati varian olahan cokelat terbaik. Karena Banyuwangi dikenal sebagai salah satu daerah penghasil cokelat terbaik di dunia.

Baca Juga : Diselundupkan dalam Sabun, 6 Paket Diduga Sabu Digagalkan Petugas Masuk ke Lapas Banyuwangi

"Kalau ingin menikmati dan merasakan olahan cokelat terbaik di dunia datang saja ke Banyuwangi, tepatnya di Glenmore. Di sini, bisa menikmati berbagai olahan cokelat dengan bersanding sejuknya udara perkebunan kakao," ujar Bupati Ipuk.

Menurut dia, cokelat terbaik di dunia salah satunya berasal dari PTPN XII. Sehingga sebagai bentuk dukungan pengembangan produk terbaik olahan cokelat maka pihaknya menggelar festival Cokelat.

"Sehingga bisa lebih membantu mengenalkan berbagai makanan maupun minuman yang terbuat dari cokelat asli berkualitas terbaik, agar lebih dikenal masyarakat luas," imbuh Bupati Ipuk.

Alumni Universitas Jakarta itu  menjelaskan, pihaknya kembali menggelar Festival Cokelat sebagai salah satu bentuk kesiapan Banyuwangi dalam menerima wisatawan dengan konsep sehat di masa pandemi Covid-19. "Festival Cokelat yang sempat tertunda karena pandemi, kali ini festival tersebut kembali dilakukan," tambahnya.

Soal mutu dan kualitas bahan maupun produk yang dihasilkan tidak tidak perlu diragukan, karena PTPN XII merupakan salah satu penghasil bahan baku cokelat terbaik.

Baca Juga : Stikes Banyuwangi Berupaya Membantu Pemerintah melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi

"Selain menikmati olahan cokelat, Festival Cokelat juga sebagai tempat untuk mengedukasi dan mengenalkan cara memproses cokelat mulai dari awal hingga akhir," tambah Ipuk.

Sementara Direktur PTPN XII, Siwi Peni mengatakan dalam festival ini, pihaknya mengajak pengunjung untuk lebih dekat dengan cara pengolahan cokelat, mulai dari panen kakao, pemrosesan biji kakao hingga menjadi produk jadi untuk dipasarkan. "Kita diajak melihat bagaimana cara memproses biji kakao yang merupakan bahan dasar cokelat," jelasnya.

Siwi Peni menambahkan, PTPN XII selalu ingin berkontribusi dalam. kemajuan wilayah dengan mengoptimalkan sumber daya yang ada. "Salah satunya, perkebunan yang ada di Banyuwangi. Kami harap selalu bekerja sama membangun Banyuwangi yang lebih baik dan bermanfaat untuk masyarakat," pungkasnya.

Judul berita Doesoen Kakao Banyuwangi Sajikan Cokelat Terbaik Dunia, Silakan Datang dan Nikmati.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Ipuk Fiestiandani festival cokelat

Berita Lainnya