03/02/2023 Dilantik Jokowi Hari Ini Jadi Kepala Otorita IKN, Siapa Sosok Bambang Susantono?  | Jatim TIMES

Dilantik Jokowi Hari Ini Jadi Kepala Otorita IKN, Siapa Sosok Bambang Susantono? 

Mar 10, 2022 07:38
Bambang Susantono (Foto: IST)
Bambang Susantono (Foto: IST)

Pewarta: Desi Kris | Editor: A Yahya

JATIMTIMES - Kamis (10/3/2022) Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik calon Kepala Badan Otorita dan Calon Wakil Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terpilih, yaitu Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe. 

Pelantikan akan digelar di Istana Negara pada Kamis sore. "Benar," ujar sumber di lingkungan istana yang tak disebutkan namanya. 

Baca Juga : LDII Berharap Vaksin Booster Jadi Momentum untuk Bangkitkan Ekonomi Indonesia

Sebelumnya, terpilihnya Bambang dan Dhony sebagai Kepala Badan Otorita dan Wakil Kepala Badan Otorita IKN telah dipastikan pada Rabu (9/3/2022).

Lantas siapa sosok Bambang Susantono ini?

Ya, profil Bambang Sosantono mendadak dicari tahu setelah namanya senter disebut menjadi Kepala Otorita. Profil Bambang sendiri memang memanrik untuk diketahui karena kiprahnya dalam berkarier cukup panjang. 

Melansir melalui situs Unkris, Bambang Susantono lahir di Yogyakarta pada 4 November 1963. Ia mengawali pendidikannya di Institut Teknologi Bandung (ITB). 
Setelah itu, Bambang melanjutkan pendidikannya di California. Berikut pendidikan yang dienyam Bambang Susantono:

- 1982-1987: S1 Teknik Sipil Institut Teknologi Bandung
- 1993-1996: S2 Perencanaan Wilayah dan Kota University of California
- 1996-1998: S2 Teknik Transportasi University of California
- 1995-2000: S3 Perencanaan Infrastruktur University of California

Usai menyelesaikan studi di ITB, Bambang mengawali kariernya di Departemen Pekerjaan Umum. Merujuk dari laman Dephub.go,id, karier Bambang Susanto terus berlanjut saat dirinya ditunjuk menjadi Ketua Masyarakat Transportasi (MTI) periode 2008-2010.

Bambang juga pernah menjabat sebagai Wakil Menteri Perhubungan di era kepemimpinan SBY. Tak cuma itu, Bambang juga mengemban amanat sebagai Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian.

Sementara di tingkat internasional, Bambang merupakan Anggota Dewan East Asia Society of Transportation EAST, sekaligus Anggota Dewan South North Foundation yang berpusat di Johanesburg, Afrika Selatan.

Baca Juga : Objek Wisata Sundari Heboh Gara-gara Motor Terbakar

Untuk melengkapi profil Bambang Susantono, merujuk pada situs ADB, Bambang sempat menjadi Wakil Presiden Manajemen Pengetahuan dan Pembangunan Berkelanjutan Asian Development Bank (ADB). Amanat itu ia emban pada Juli 2015.

Kala itu Bambang bertanggung jawab atas pengelolaan Departemen Pembangunan Berkelanjutan dan Perubahan Iklim juga Departemen Hubungan Eksternal.

Di sisi lain, Bambang ternyata memiliki hobi menulis. Berkat pendidikan dan karier yang diemban, Bambang berhasil merilis beberapa buku di bidang transportasi.

Adapun beberapa karya buku yang berhasil ia terbitkan adalah:

1. Strategi Dalam: Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah
2. Memacu Infastruktur Ditengah Krisis
3. Revolusi Transportasi
4. 1001 Wajah Transportasi Kita
5. Transportasi&Investasi: Tantangan dan Perspektif Multidimensi
6. Memacu Infastruktur Ditengah Krisis
7. Strategi Dalam Penataan Ruang dan Pengembangan Wilayah
8. Revolusi Transportasi

Judul berita Dilantik Jokowi Hari Ini Jadi Kepala Otorita IKN, Siapa Sosok Bambang Susantono? .

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Jokowi bambang susantono

Berita Lainnya