Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jalan Tol Jember-Situbondo Diprediksi Untungkan Bondowoso

Penulis : Abror Rosi - Editor : Dede Nana

23 - Feb - 2022, 15:31

Placeholder
Acara konsultasi publik rencana proyek jalan tol ruas Jember-Situbondo di Pendapa Bupati (Foto: Abror Rosi/JatimTimes)

JATIMTIMES - Kabupaten Bondowoso akan dilalui oleh Jalan Tol Jember-Situbondo sepanjang 65 Km yang membentang di sebelas kecamatan dan 38 desa.

Hal itu disampaikan saat Pemerintah Bondowoso menggelar konsultasi publik rencana proyek jalan tol ruas Jember-Situbondo, Rabu (23/2/2022) di Pendapa Bupati setempat. 

Baca Juga : Pendaftaran Maba Unisma Ada Jalur Prestasi, Ingin Daftar? Simak Informasi Ini

Diskusi publik tersebut dengan menghadirkan para kepala kecamatan dan kepala desa yang wilayahnya akan dilintasi oleh jalan tol tersebut.

Kegiatan yang membahas soal rencana teknis awal proyek jalan tol yang dihadiri oleh Direktorat Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Jalan Dan Jembatan, Direktorat Jenderal Pelaksanaan Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan serta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Pemkab Bondowoso Abdurrahman menjelaskan, jika nantinya terealisasi maka proyek jalan tol akan mendongkrak nama Kabupaten Bondowoso di mata publik luas.

"Barangkali ini dengan dibangunnya jalan tol, mungkin nantinya Bondowoso akan bisa dikenal lebih luas lagi oleh daerah-daerah yang lain," katanya.

Diakuinya, bahwa proyek jalan tol akan menimbulkan dampak positif dan negatif. Bahkan, juga akan memunculkan persepsi-persepsi terutama oleh para spekulan tanah. Namun begitu, akan ada kajian-kajian dari kementerian dan tim penyusun.

"Pembangunan jalan tol jadi nanti mereka berspekulasi untuk membeli tanah misalnya. Padahal kita masih belum pasti karena ini masih akan melalui pengkajian-pengkajian yang sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan oleh Kementerian," ungkapnya.

Dalam Konsultasi Publik tersebut, salah satu yang menjadi perhatian adalah pembebasan lahan produktif, lahan kritis dan fasilitas umum yang dianggap sakral seperti tempat ibadah dan cagar budaya. 

"Poin-poin tersebut perlu menjadi perhatian pemerintah agar tidak memunculkan masalah baru di kalangan masyarakat,"ujarnya.

Selain itu, diharapkan pengerjaan mega proyek tersebut juga melibatkan warga lokal terutama para pemuda yang saat ini banyak membutuhkan pekerjaan.

Baca Juga : Tekan Angka Stunting, Dinkes Kota Malang Gencarkan Pemberian Vitamin A untuk Anak-Anak

Sementara itu, Konsultan FBC Jalan Tol dan Jembatan Kementerian PUPR Ahmad Yani mengatakan, perencanaan pembangunan jalan tol Situbondo - Jember ini, pihaknya memastikan akan mengikuti kaidah-kaidah perencanaan yang ditetapkan dari pemerintah.

"Seperti cagar budaya dan kawasan yang dilindungi, itu tidak boleh dilewati jalan tol. Kalau melewati cagar budaya, maka proyeknya yang harus pindah, tidak melewati cagar budaya tersebut," ujarnya. 

Menurut Ahmad Yani, konsultasi publik terkait lingkungan dan sosial itu tengah uji kelayakan secara ekonomi, misal exit tolnya di tamanan atau di ijen seperti apa, karena pembangunan jalan tol ini sinergis dengan jalan tol lain. Seperti probowangi. 

"Artinya jika pembangunan jalan tol probowangi belum selesai, maka secara otomatis pembangunan jalan tol Situbondo- Jember ini masih cukup panjang tahapannya," katanya.

Rencana pembiayaan pembangunannya, kata Ahmad Yani, jalan yang melintas di sebelas kecamatan itu, bukan dibiayai oleh pemerintah tapi melalui mekanisme Kerja sama Pemerintah Badan Usaha (KPBU). 

"Nanti akan ada swasta ikut tender yang membangun maupun mengelolanya," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Abror Rosi

Editor

Dede Nana

Pemerintahan

Artikel terkait di Pemerintahan