Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Wawali Armuji Kumpulkan Lima Perwakilan Siswa Penghafal Kitab Suci Lintas Agama, Ini yang Dibicarakan

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

16 - Feb - 2022, 11:44

Placeholder
Wakil Wali Kota Surabaya Armuji

JATIMTIMES - Sebanyak 824 Siswa - Siswi di Kota Surabaya menerima beasiswa untuk Penghafal Kitab Suci  dari Pemerintah Kota Surabaya. Terdiri Islam sebanyak 615 Siswa dan 209 Siswa agama Kristen , Katolik , Hindu dan Budha.

Setiap bulannya para pelajar  tersebut menerima beasiswa sebesar Rp 200.000 untuk jenjang SD sederajat dan Rp 300.000 untuk jenjang SMP sederajat.

Baca Juga : 5 Tempat Misterius di Bumi yang Ada di Alquran, tapi belum Terungkap

Pada Rabu (16/2) sebanyak lima anak perwakilan penerima beasiswa penghafal kitab suci ditemui Wakil Wali Kota Surabaya Armuji di ruang kerjanya.

Alya Nadifa Maarif, Mettasari Amelia Wijaya , Ni Luh Ayu Cantika Kartika Dewi, Yuliana Christian Ritonga dan Johannes Cruif Darannuwa tampak santai dalam berinteraksi dengan Wakil Walikota Armuji.

Selain itu Cak Ji juga sempat mengetes satu persatu siswa penerima beasiswa untuk membacakan doa yang dihafal dari kitab suci masing - masing Agama. "Program ini untuk mendorong generasi muda agar lebih berprestasi dan berakhlak mulia berdasarkan nilai-nilai agama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,"  ujarnya.

Dia juga mengatakan melalui program beasiswa penghafal kitab suci ini sekaligus meneguhkan Surabaya sebagai kota yang toleran dan menjunjung Tinggi "Bhinneka Tunggal Ika".

"Komitmen kita jelas , bahwa tidak ada yang terabaikan di Kota Surabaya. Kita berharap di tahun depan kuotanya bisa bertambah sehingga lebih giat lagi anak - anak untuk mendalami ilmu agama," tegasnya.

Baca Juga : Belum Kantongi Hasil Tracing, PTM SMAN 1 Ngunut Dihentikan 3 Hari

Dalam menguji atau menyeleksi para pelajar ini,  Pemerintah Kota Surabaya melalui Dispendik bekerjasama dengan beberapa pihak. Untuk seleksi pelajar yang beragama Hindu, Dispendik bekerjasama dengan Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kota Surabaya, untuk pelajar yang beragama Kristen, Dispendik bekerjasama dengan Badan Musyawarah Antar Gereja (BAMAG) Surabaya dan juga kantor Kementerian Agama Kota Surabaya.

Sedangkan pelajar yang beragama Katolik, Dispendik bekerjasama dengan Majelis Pendidikan Katolik dan juga kantor Kementerian Agama Kota Surabaya. Lalu untuk pelajar yang beragama Budha, Dispendik bekerjasama dengan Majelis Agama Buddha Theravada Indonesia (Megabudhi) Kota Surabaya beserta kantor Kementerian Agama Kota Surabaya.


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya