Kasus Covid-19 Melonjak, Durasi PTM di Kota Blitar Dipangkas | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Kasus Covid-19 Melonjak, Durasi PTM di Kota Blitar Dipangkas

Feb 15, 2022 15:09
Potret pelajar di Kota Blitar pulang sekolah di masa pandemi Covid-19.(Foto : Team JATIMTIMES)
Potret pelajar di Kota Blitar pulang sekolah di masa pandemi Covid-19.(Foto : Team JATIMTIMES)

JATIMTIMES - Meningkatnya kasus Covid-19 di Kota Blitar direspons cepat oleh Dinas Pendidikan (Dindik) Pemerintah Kota Blitar. Di antaranya dengan memangkas durasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Kebijakan ini juga diambil menyusul bertambahnya kasus Covid-19 di tengah proses PTM 100 persen di Kota Blitar.

Kepala Dindik Kota Blitar, Samsul Hadi mengatakan Kota Blitar tetap melaksanakan PTM 100 persen. Kebijakan ini mengacu pada SKB 4 Menteri dan Surat Edaran Kemendikbud. Dalam SKB 4 Menteri dan SE Kemendikbud menyatakan daerah dengan status PPKM Level 1 tetap diperbolehkan melaksanakan PTM 100 persen.

Baca Juga : Lahirkan Wirausahawan Baru, Disnaker Pemkab Blitar Gelar Pelatihan Aneka Kue

Namun demikian, meski PTM berjalan 100 persen, Dinas Pendidikan Kota Blitar tetap menyesuaikan dengan kondisi perkembangan kasus Covid-19 di Kota Blitar. Samsul mencontohkan, penyesuaian yang dimaksud adalah ketika ditemukan kasus di satu sekolah maka pelaksanaan PTM bisa dihentikan sementara.

‘’Sekolah akan menyesuaikan dengan situasi.Ini seperti yang terjadi di SMPN 1 Kota Blitar beberapa waktu lalu.  Pelaksanaan PTM di SMPN 1 sempat dihentikan sementara karena ditemukan kasus Covid-19 di sekolah," kata Samsul Hadi, Selasa (15/2/2022).

Dengan kondisi Covid-19 di Kota Blitar yang saat ini mengalami trend peningkatan, Dinas Pendidikan juga menginstruksikan sekolah untuk mengurangi durasi PTM.  Yakni  maksimal enam jam pelajaran dalam sehari. Sebelumnya, siswa masuk pukul 07.00 WIB dan pulang pukul 11.30 WIB. Sekarang siswa pulang pukul 10.00 WIB untuk SMP.

Baca Juga : Musrenbang Tematik Lansia, 8 Usulan Lolos pada Penyusunan RKPD Kota Malang 2023

Sementara untuk jenjang SD,  siswa belajar di sekolah hanya dua jam mulai pukul 07.00 WIB sampai pukul 09.00 WIB. ‘’Kami menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik. Mari bersama-sama kita tekan kasus Covid-19 dengan disiplin protokol kesehatan,’’pungkas Samsul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Kota Blitar Berita Blitar

Berita Lainnya