Jatim Times Network Logo
08/02/2023
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Kesehatan

Susu Kentang Jadi Tren Minuman Kesehatan Terbaru, Ini Kandungan Nutrisinya

Penulis : Desi Kris - Editor : A Yahya

12 - Feb - 2022, 10:06

Susu kentang (Foto: Forbes)
Susu kentang (Foto: Forbes)

JATIMTIMES - Susu selama ini identik berasal dari sapi atau kambing yang disajikan dalam berbagai rasa dan kemasan. Namun bagi mereka yang memiliki alergi atau vegetarian biasanya mencari alternatif lain.

Susu kedelai atau susu almond juga bisa jadi pilihan. Namun kini ada  jenis susu terbaru, yaitu susu kentang

Baca Juga : Lelah dengan Pergulatan di Media Sosial, Solois Mati di Saturnus Luncurkan Single Kabar

Kentang sendiri biasanya diolah menjadi bahan makanan seperti keripik, gorengan, atau masakan rumah lainnya. Kini, kentang justru dijadikan bahan susu nabati alternatif terbaru yang mulai jadi tren di Eropa.

Susu ketang ini pertama kali dikembangkan oleh Profesor Eva Tornberg dari Universitas Lund, Swedia. Beberapa penelitian menyatakan kentang memiliki rasa yang netral dan seimbang. 

Susu kentang juga tidak mengubah rasa jika dicampurkan dengan berbagai makanan atau minuman lainnya seperti kopi. Tak perlu khawatir untuk kamu yang memiliki alergi pada susu sapi atau kacang-kacangan, susu kentang ini dinilai bebas dari 14 alergen paling umum. 

Susu kentang

Susu kentang cocok untuk mereka yang sedang melakukan diet sehat karena bergizi juga rendah gula. Susu kentang dianggap sebagai inovasi terbaik tahun ini karena dibandingkan dengan sumber susu lainnya, kentang diklaim 2 kali lebih hemat lahan dan menggunakan lebih sedikit air daripada almond.

Baca Juga : Dinkes Banyuwangi Tunda Penerbitan Rekomendasi Ijin Operasinal Gerai Rapid Test Antigen

Sedangkan kualitas lain yang bisa jadi pertimbangan adalah susu kentang ini tinggi kalsium, vitamin D, vitamin B12, riboflavin, dan juga kaya akan asam folat. Sejumlah brand susu kentang sudah mulai bermunculan di pasar Eropa, salah satunya adalah DUG. 

DUG merupakan brand asal Swedia, yang pertama kali mengedarkan susu kentang dalam kemasan dan kini dipasarkan di Inggris. Susu kentang versi buatan DUG ini diberi tambahan bahan lain seperti protein kacang polong, serat dari sawi putih, minyak rapeseed, friktosa, sukrosa, perasa alami dan tambahan kalsium serta vitamin.


JOIN JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel anda.

Penulis

Desi Kris

Editor

A Yahya

Berita Lainnya