10/12/2022 Apresiasi Masyarakat dan Pemdes, Puskesmas Dasuk Gelar Gebyar Herd Immunity | Jatim TIMES

Apresiasi Masyarakat dan Pemdes, Puskesmas Dasuk Gelar Gebyar Herd Immunity

Feb 04, 2022 14:48
Kepala Puskesmas Dasuk Novia Sri Wahyuni mendampingi sejumlah perwakilan Forkopimda Sumenep (Foto: Ist/ JatimTIMES)
Kepala Puskesmas Dasuk Novia Sri Wahyuni mendampingi sejumlah perwakilan Forkopimda Sumenep (Foto: Ist/ JatimTIMES)

Pewarta: Syaiful Ramadhani | Editor: Sri Kurnia Mahiruni

JATIMTIMES - Pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Dasuk, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur menggelar Gebyar Dasuk Herd Immunity, Jumat (4/2/2022).

Gebyar Herd Immunity yang digelar di Balai Desa Jalbudan, Kecamatan Dasuk, Sumenep ini dikemas dengan doorprise atau pemberian reward kepada 15 desa yang sukses gelar vaksinasi Covid-19.

Baca Juga : 103 KPM Terima BLT DD 2022, Ini Harapan Kepala Desa Jatimulyo

"Kegiatan ini digelar sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat dan pemerintahan desa yang telah kompak mensupport kami (4 pilar) hingga akhirnya mencapai 85 persen capaian vaksinasi," kata Kepala Puskesmas Dasuk, Novia Sri Wahyuni.

Menurut dia, atas kerja keras bersama selama ini, membawa Kecamatan Dasuk berada di peringkat tertinggi capaian vaksinasi tingkat kecamatan se-Kabupaten Sumenep.

"Untuk Gebyar Dasuk Herd Immunity ini, kita siapkan 15 kambing sesuai desa, 30 ekor ayam juga sesuai desa. Memang kita tidak campur biar semua desa kebagian, karena semua desa supportnya ke kami luar biasa," ucap Novia.

"Jadi, tantangan kita sekarang adalah vaksinasi untuk anak yang telah kita persiapkan. Sejak sebulan kemarin kita sudah sosialisasi ke semua Sekolah Dadar (SD) yang ada di wilayah kerja Puskesmas Dasuk," imbuhnya.

Ia mengaku, kegiatan vaksin anak akan segera dimulai dalam Minggu ini. Bahkan, pihaknya menjadwal pada Selasa mendatang akan menggelar gebyar vaksin anak yang terfokus di Desa Kerta Timur.

"Anak-anak yang hendak di vaksin akan membawa surat izin dari orang tua masing-masing, mereka juga akan didampingi orang tuanya," terang dia.

Vaksinasi terhadap anak, lanjut Novia, memiliki tantangan yang jauh lebih besar daripada vaksinasi terhadap masyakarat umum biasanya. Sebab, suksesnya vaksinasi anak kuncinya ada pada orang tua.

"Karena orang tua pasti lebih sayang kepada anaknya ketimbang dirinya sendiri. Nah, pertanyaan seperti ini seringkali saya temukan saat sosialisasi, namun Alhamdulillah kami bisa menjawab ini," urainya.

Baca Juga : Jangan Disepelekan, Sakit Kepala seperti Ini Bisa Jadi Gejala Covid-19 Omicron

Selain itu, yang membuat orang tua takut anaknya untuk divaksin ialah adanya informasi-informasi yang kurang bertanggung jawab. Seperti video viral baru-baru ini, anak sekolah divaksin dengan sesuatu yang tidak diinginkan, padahal itu bukan vaksin Covid.

"Perlu diketahui bahwa vaksin Covid untuk anak ini berbeda dengan vaksin orang dewasa, baik dari dosisnya dan sebagainya," urainya.

Meski demikian, tim vaksinasi di Puskesmas Dasuk punya cara dan solusi sendiri untuk mengatasi ketakutan anak saat akan mengikuti vaksin.

"Kita setting kegiatan vaksin anak semeriah mungkin seperti acara ulang tahun. Jadi tim vaksinator kami sudah siap dengan kostum cantik, juga tempat vaksin akan dikasih banyak balon, agar anak tidak ketakutan," pungkasnya.

Kegiatan ini dihadiri Sekda Sumenep Edy Rasyadi, Kadinkes Sumenep Agus Mulyono, Kapolres Sumenep AKBP Rahman Wijaya dan Dandim 0827 Sumenep Letkol Inf Nur Cholis.

Judul berita Apresiasi Masyarakat dan Pemdes, Puskesmas Dasuk Gelar Gebyar Herd Immunity.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Pemkab Sumenep gebyar herd immunity

Berita Lainnya