Respons PBNU soal Hasil Survei Capres 2024: Prabowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir Sama Kuat | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Respons PBNU soal Hasil Survei Capres 2024: Prabowo, Ridwan Kamil, Erick Thohir Sama Kuat

Jan 28, 2022 08:59
PBNU (Foto: Facebook)
PBNU (Foto: Facebook)

JATIMTIMES - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) turut merespons hasil survei calon presiden 2024 yang dilakukan oleh lembaga surve - Center for Strategic on Islamic and International Studies (CSIIS). 

Diketahui, hasil survei tersebut didapati sejumlah nama yang dijagokan dan menjadi pilihan warga Nahdlatul Ulama (NU) sebagai capres 2024

Baca Juga : Lewat Gowes, Wali Kota Madiun Cek Usulan Musrenbang 2023

Nama-nama tersebut antara lain seperti Prabowo Subianto yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Erick Thohir selaku Menteri BUMN, dan Ridwan Kamil yang menjabat Gubernur Jawa Barat.

Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Ahmad Fahrur Rozi tidak menafikan bila ada 3 besar nama calon presiden pilihan warga NU berdasarkan hasil CSIIS tersebut. Ahmad mengatakan jika ketiganya memiliki peluang yang sama kuat di Pilpres 2024 mendatang.

"Saya kira mereka peluang yang sama kuatnya," kata Fahrur.

Ia mencontohkan bahwa Erick dan Ridwan Kamil belakangan ini kerap berkunjung dan silaturahmi ke pesantren-pesantren NU. Fahrur juga mengatakan 2 sosok itu masih tergolong muda dan energik di kancah perpolitikan Indonesia.

"Erick sudah masuk sebagai anggota Banser NU. Kemarin Ridwan Kamil juga ke Pesantren Lirboyo. Dua nama ini lebih fresh, muda dan energik," kata Fahrur. 

Di sisi lain, Fahrur melihat belum ada manuver siginifikan Prabowo ke warga NU belakangan ini. Namun ia mengakui bahwa pada Pilpres 2019 lalu nama Prabowo sangat populer.

Baca Juga : Sederet Makanan yang Diduga Mengandung Babi dan Narkoba, Ada Permen Yupi

Sebelumnya, riset yang dilakukan CSIIS dilakukan serentak di Probolinggo, Pasuruan, Malang. Yogyakarta, Rembang, Magelang, Tasikmalaya, Cirebon, Pandeglang dan Lampung Tengah. Survei semi riset dilakukan pada 7 Januari 2022.

Hasil riset itu menemukan empat nama, yakni Prabowo Subianto, Erick Thohir, Ridwan Kamil, dan Ganjar Pranowo yang menjadi capres pilihan warga NU.

Dari survei itu, di Jawa Tengah ada nama Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Erick Thohir. Sedangkan di Jawa Barat ada nama Ridwan Kamil, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Pilpres 2024 Capres 2024

Berita Lainnya