Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pemdes Bajulmati Akan Terbitkan Bukti Kepemilikan Lapak yang Terbakar

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

26 - Jan - 2022, 19:49

Placeholder
Abdul Ghofar Kepala Desa Bajulmati Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi (Nurhadi/Jatim TIMES)

JATIMTIMES - Dari musibah kebakaran Pasar Bajulmati Kecamatan Wongsorejo, Banyuwangi pemerintah desa berupaya berpikir positif dan  mengambil hikmah atas kejadian tersebut.

Menurut Abdul Ghofar Kepala Desa Bajulmati, setelah terjadi musibah pemerintah desa  langsung membuka posko korban kebakaran dan banyak korban yang melapor ke sana. Yakni ada sekitar 140 unit  kios yang hangus dan penghuninya sekitar 170 orang.

Baca Juga : Dugaan Korupsi Pungutan Pajak BPHTB 2020, Kejari Sudah Panggil 10 Saksi

Kemudian upaya berikutnya yang dilakukan atau 2 hari setelah kebakaran pemerintah desa dengan dibantu oleh masyarakat membersihkan lokasi dan mendapatkan bantuan dari Dinas PU Cipta Karya Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banyuwangi berupa alat  berat dan dump truck.

Langkah berikutnya yang dilakukan Kades asal Magelang tersebut membangun komunikasi dengan anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra Sumail Abdullah dan rencananya besok Kamis (27/1/2022) akan hadir ke desanya bersama Dirjen Kemendes RI.

”Mudah-mudahan membawa berita gembira untuk para pelaku usaha atau para pedagang di pasar Desa Bajulmati ini,” jelasnya, Rabu (26/1/2022).

Dia menuturkan pada hari pertama terjadi musibah kebakaran Pasar Desa Bajulmati berhasil komunikasi dengan bupati bahkan juga rawuh langsung di lokasi dan berkoordinasi atau memerintahkan seluruh dinas terkait membantu bagaimana caranya para pedagang itu bisa bangkit kembali.

Hikmah lain dengan adanya musibah kebakaran tersebut, pemerintah desa akan melakukan penertiban lagi. Pihak desa mengupayakan para para penghuni / pedagang di pasar desa tersebut bukti surat atau semacam BPKB bagi kendaraan yang resmi dan menjelaskan pedagang tersebut  menguasai luas lahan berapa meter persegi.

“Nanti surat atau semacam BPKB itu bisa digunakan sebagai agunan ke bank untuk mendapatkan dana pinjaman. Kami melakukan komunikasi dan koordinasi dengan BPD, Tokoh masyarakat dan stakeholder yang lain,”  imbuh purnawirawan TNI AD itu.

Baca Juga : Bawa 120 Jerigen BBM, Kapal Motor Meledak di Pelabuhan Gayam Sumenep

Selanjutnya dia menuturkan, setelah terjadi kebakaran dan melakukan pengecekan secara teliti ternyata pedagang pasar yang asli dari Desa Bajulmati dari 170 orang itu cuma 40 pedagang atau sekitar mungkin 20 persen. Selebihnya merupakan pedagang dari desa lain di sekitar Bajulmati

Sebenarnya di pasar desa sudah ada paguyuban pedagang dan kebetulan pasar Desa Bajulmati merupakan unit usahanya yang ditangani oleh Bumdes Bajulmati bahkan  ada juga pengelola pasar. Sehingga agar semua bisa berjalan nantinya akan dilakukan pengaturan agar masing-masing jelas kiprahnya.

“Harapannya para pedagang ini menghadapi bulan puasa dan lebaran gimana agar cepat bisa berjualan mungkin ada dinas satu lembaga dari mana saja yang bisa membantu dana sekedar untuk atap atau tiang. Nanti yang bersangkutan atau para pedagang akan membangun lapak yang tidak permanen secara mandiri,” pungkas Abdul Ghofar.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana